Wednesday, July 2, 2014

Manfaat Kesehatan Jalani Puasa Ramadan (3-Habis)

Manfaat Kesehatan Jalani Puasa Ramadan (3-Habis)LEMAS, mungkin inilah kesan saat seseorang menjalani puasa Ramadan. Namun puasa juga bisa memberikan manfaat kesehatan.
 
Puasa Ramadan bisa membuang racun-racun dalam tubuh, menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Bahkan bisa membantu menurunkan berat badan seseorang. Untuk mengetahui lebih dalam, simak ulasan berikut seperti dilansir Kashmirmonitor


Puasa mengurangi gula darah
 
Puasa meningkatkan pemecahan glukosa dalam tubuh sehingga tubuh bisa mendapatkan energi. Kondisi ini pun akan mengurangi produksi insulin dimana terletak pankreas. Karenanya,  puasa bisa mengurangi pengurangan gula darah.


Puasa bantu menghilangkan lemak
 
Respon pertama tubuh saat menjalani puasa adalah memecah glukosa. Ketika glukosa habis, proses ketosis pun dimulai. Katosis ini ialah proses tubuh secara natural memecah lemak untuk menghasilkan energi. Mulai dari lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot. (Baca: Usia Menikah Berpengaruh pada Kualitas Keluarga)




Puasa meningkatkan imunitas
 
Saat seorang menjalani puasa dengan pola makan seimbang, hal itu bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal itu bisa terjadi karena saat tubuh mengonsumsi buah, itu akan membuat kadar vitamin dan mineral tubuh meningkat. Vitamin A dan E adalah antioksidan yang tersedia dalam buah-buahan, dan itu akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. (Baca: Bolehkah Setelah Sahur Langsung Tidur)


Puasa bisa membantu kecanduan
 
Beberapa penulis menunjukkan bahwa puasa bisa membantu pecandu mengurangi keinginan mengonsumsi nikotin, alkohol, kafein, dan penyalahgunaan zat lainnya. ya, puasa membang bisa menekan kecanduan seseorang, meskipun ada program lain yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan kecanduan.
 
Kendati begitu, tidak hanya manfaat puasa juga memiliki beberapa efek negatif. Misalnya saja bisa menyebabkan penurunan cairan tubuh atau dehidrasi. Selain itu juga bisa memicu migrain atau sakit kepala, nyeri pada bagaian ulu hati. Oleh karenanya, wanita hamil, ibu menyusui, orang yang menderita kurang gizi, menderita aritmia jantung, ginjal atau gangguan pada hari, disarankan untuk tidak berpuasa.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment