Wednesday, July 9, 2014

Fans Brasil Usia 40-an Paling Berisiko Kena Serangan Jantung

Fans Brasil Usia 40-an Paling Berisiko Kena Serangan JantungKEKALAHAN Brasil pada laga semifinal Piala Dunia 2014 meningkatkan risiko serangan jantung pada penggemarnya. Beberapa fans paling berisiko mengalami serangan jantung.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dari FKUI/RSCM, para fans mengalami stres karena kecewa berlebihan. Seperti diketahui, warga Brasil sangat mengagungkan sepakbola dan tim nasionalnya. Ini yang membawa mereka pada berisiko serangan jantung. Namun, penyakit ini juga lebih berisiko terhadap mereka yang berusia di atas 40 tahun.

"Serangan jantung diprediksi akan meningkat pada masyarakat Brasil yang berumur 40 tahun ke atas," katanya dalam keterangan persnya, Rabu (9/7/2014).

Selain umur, dr Ari mengatakan bahwa fans dengan gaya hidup tidak sehat sangat rentan terhadap serangan jantung. (Baca: Fans Brasil Berisiko Serangan Jantung, Ini Gejalanya)
 
"Faktor risiko, seperti kegemukan, merokok, alkohol, penderita hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes mellitus, dan dengan riwayat keluarga penyakit jantung koroner," terangnya.
 
Sementara itu, serangan jantung sendiri ditandai dengan berbagai macam gejala. Salah satu yang paling terlihat adalah nyeri dada menjalar ke tangan kiri dan tembus ke belakang dada.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment