Wednesday, July 9, 2014

2018, Implan Remote Control Cegah Kehamilan selama 16 Tahun

2018, Implan Remote Control Cegah Kehamilan selama 16 TahunPARA peneliti dari MicroChip Inc sedang mengembangkan alat kontrasepsi implan baru yang bisa dikendalikan dari jarak jauh (remote control). Ke depan, alat kontrasepsi baru ini dirancang untuk bisa mencegah kehamilan selama 16 tahun.
 
Teknis pemakaiannya, implan berisi perangkat wireless sepanjang 20 milimeter ini akan ditempatkan di bawah kulit bokong, lengan atas, ataupun perut. Kemudian, alat implan ini perlahan akan melepaskan hormon levonorgestrel, yang juga dipakai pada pil KB dan IUD. (Baca: Kalah, Risiko Serangan Jantung Warga Brasil Meningkat)
 
Implan terbaru dirancang untuk bisa digunakan selama 16 tahun. Jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi saat ini, implan hanya bisa mencegah kehamilan tiga sampai lima tahun sedangkan IUD non-hormonal bisa mencegah 12 tahun. (Baca: Fans Brasil Berisiko Serangan Jantung, Ini Gejalanya)
 
Alat ini juga bisa mencegah wanita mengalami kehamilan tanpa perlu mengeceknya ke doker. Di samping itu, implan terbaru diduga akan menguntungkan wanita yang sulit mendapatkan akses kesehatan, khususnya mereka yang berada di negara berkembang, seperti dilansir Foxnews, Rabu (9/7/2014). (Baca: Alasan Medis Neymar Jr. Absen di Laga Lawan Jerman)
 
Adapun pengembangan implan terbaru didukung oleh Bill and Melinda Gates Foundation. Saat ini, implan baru ini sedang dalam fase tes keamanan, kekhasiatan, dan kenyamanan. Microchip berharap bisa segera memerkenalkan produk ini ke masyarakat Amerika Serikat pada 2018, setelah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment