Wednesday, July 2, 2014

Sehatkan Gigi & Mulut saat Puasa dengan Buah & Sayur

Sehatkan Gigi & Mulut saat Puasa dengan Buah & SayurMENJAGA kesehatan gigi dan mulut saat bulan puasa sangat penting. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

Masalah bau mulut kerap muncul saat perut kosong dalam waktu cukup lama, misalnya ketika berpuasa. Solusinya ternyata sederhana, yakni dengan makanan tinggi serat. (Baca: Puasa Harus Tetap Rajin Sikat Gigi)

drg Edwin Zakaria dari Klinik Prodentist Dental Care mengatakan bahwa buah dan sayur mengandung serat yang berfungsi sebagai pembersihan gigi. "Kalau gigi, sebenarnya yang dibutuhkan kalsium. Namun, kalau serat lebih kepada pembersihan gigi. Kalau mengonsumsi buah atau sayur itu ada self cleansing," katanya kepada Okezone di MNC Plaza, Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.

Dia menganjurkan konsumsi buah dan sayur secara rutin. Saat puasa, buah dan sayur bisa dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. drg Edwin juga mengingatkan bahwa ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebab bisa menyebabkan kerusakan gigi.

?Makanan yang buruk untuk gigi biasanya yang lengket, seperti cokelat, permen, dan makanan manis lain karena bisa merusak gigi,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment