Wednesday, July 2, 2014

Manfaat Kesehatan Jalani Puasa Ramadan (1)

Manfaat Kesehatan Jalani Puasa Ramadan (1)PUASA Ramadan bukan semata kewajiban. Tetapi banyak manfaat kesehatan di dalamnya.
 
Jika puasa diterapkan dengan benar, banyak manfaat yang bisa didapat. Misalnya saja, mendorong penghapusan racun dan menghilangkan lemak berlebih dari tubuh. Berikut ulasan lengkap mengenai manfaat puasa untuk kesehatan seperti dilansir Kashmirmonitor:


Puasa membuang racun dalam tubuh
 
Makanan olahan mengandung banyak zat aditif. Kandungan adiksi ini bisa menjadi racun dalam tubuh, dan sebagian besar racun ini disimpan dalam lemak. Namun pada saat seseorang menjalani puasa, lemak dalam tubuh akan terbakar dan racun dalam pun hilang. Sementara itu, organ yang mengalami proses pembersihan racun sendiri ialah organ hati, ginjal dan organ tubuh lainnya. (Baca: Usia Menikah Berpengaruh pada Kualitas Keluarga)


Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan
 
Selama orang berpuasa, organ-organ pencernaan itu beristirahat. Fungsi fisiologis tubuh terus normal  terutama produksi sekresi pencernaan. Di samping itu, puasa juga membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pemecahan makanan terjadi pada tingkat yang stabil. Sehingga pelepasan energi juga dilakukan secara bertahap. (Baca: Bolehkah Setelah Sahur Langsung Tidur)


Puasa mempromosikan penyembuhan penyakit radang
 
Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa mempromosikan penyembuhan penyakit peradangan dan alergi. Contoh penyakit peradangan seperti rheumatoid arthritis, arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasis. Selain itu, beberapa ahli menyatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa. (Bersambung)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment