Friday, July 11, 2014

Makanan ''Super'' Ini Harus Ada di Menu si Kecil

Makanan ANAK-anak sekarang bisa disebut sebagai generasi yang mengonsumsi makanan cepat saji. Menjamurnya restoran cepat saji membuat mereka mudah mengakses semua makanan tersebut. Padahal, nutrisi yang terkandung relatif sangat sedikit.
 
Tidak seperti orang dewasa, anak-anak memiliki kebutuhan gizi yang berbeda untuk membantu tumbuh kembangnya lebih optimal. Meski begitu, sebagaian orangtua tidak perlu cepat khawatir. Pasalnya, ada beberapa makanan yang bisa menopang gizi mereka di tengah maraknya makanan cepat saji. Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.


Susu
 
Susu merupakan asupan yang sangat baik untuk membantu memenuhi nutrisi anak. Betapa tidak, susu mengandung kalsium, vitamin D, fosfor yang penting perkembangan tulang dan gigi mereka. Kemudian, susu mengandung nutrisi penting lainnya seperti protein, seng, vitamin A, B2, dan B12.  Sementara itu, jika anak-anak Anda tidak suka susu, cobalah memberikan makanan olahan susu, seperti puding atau milk shake. (Baca: Penanganan Tepat Cedera Lutut)


Telur
 
Lantaran tingginya protein dan vitamin B, telur adalah asupan yang bermanfaat saat anak dalam masa pertumbuhan. Sementara itu, agar anak tidak bosan mengonsumsinya,  masaklah telur dengan cara berbeda sehingga anak bisa tetap mengonsumsi telur sesering mungkin. (Baca: Si Merah Mungil Pendongkrak Gairah Seks)



Ubi jalar
 
Ubi jalar merupakan salah satu sayuran paling sehat untuk tumbuh kembang anak. Pasalnya, ubi mengandung betakaroten, vitamin A, C, E, serat, kalsium, dan zat besi. Ubi juga bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan, baik direbus, digoreng, dan dipanggang. Di samping itu, jika anak Anda menyukai kentang goreng, gantilah kentang biasa dengan kentang rebus agar memberikan manfaat kesehatan. (Baca: Hati-hati, Pakai High Heels Bikin Cedera Lutut)


Kacang
 
Kacang juga merupakan makanan sehat yang baik untuk anak. Kacang kaya akan protein, serat, dan antioksidan. Kacang juga rendah lemak, kalori, sodium, serta memberikan energi yang cukup untuk anak. Karenanya, pastikan kacang Anda sertakan ke dalam menu makanan si kecil. (Baca: Lutut Cedera Usai Berlari, Bolehkah Dipijat?)


Ikan
 
Ikan dikenal dengan kandungan lemak omega-3-nya yang bisa meningkatkan perkembangan otak dan fungsi penglihatan anak. Untuk itu, sertakanlah ikan seperti salmon dan tuna ke dalam menu makan anak Anda secara teratur.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment