Thursday, July 10, 2014

Hati-Hati Ladies, Pakai High Heels Bikin Cedera Lutut

Hati-Hati Ladies, Pakai High Heels Bikin Cedera Lutut   MEMAKAI sepatu high heels atau wedges memang bisa meningkatkan kerpecayaan diri wanita dan tampak seksi. Tapi tahukah Anda bahwa dibalik itu pakai sepatuh high heels bisa bikin cedera lutut?
 
Ya, Dr. L. Andre Pontoh, SpOT (K), Dokter spesialis bedah orthopedi di Rs Pondok Indah menyatakan bahwa memakai sepatu hak tingginya sangat berbahaya untuk lutut. Di mana bisa membuat tulang rawan lutut mengalami pengkapuran dini.
 
"Sepatu hak tinggi itu sepatu hak yang lebih dari empat centimeter. Artinya jarak dari kaki dan tumit lebih dari empat centimeter. Inilah yang berbahaya, yang bisa menyebabkan perkapuran dini. (tulang rawan)," katanya saat bertemu di acara yang bertema mengatasi cedera lutut akibat lari, di Hotel Mulia, lantai 5 ruang Freesia Jasmine Room, Jakarta, belum lama ini.
 
Lebih dalam, ia menerangkan ada dua hal yang bisa menyebabkan wanita mengalami perkapuran dini. Pertama, kata dia, mereka yang memiliki sepatu hak tinggi setiap hari atau sudah jadi daily activities.Kedua, naik turun tangga itu berisiko membuat perkapuran dini.
 
"Terlepas naik turun tangga baik untuk jantung, tapi sebaiknya dihindari jika wanita punya masalah lutut," katanya.
 
Sementara apa tanda perkapuran yang harus diwaspadai wanita, Dr. Andre menyatakan bahwa munculnya nyeri di depan lutut, kalau duduk dan berdiri muncul nyeri sakit.
 
"Nah, kalau sudah ada bunyi 'kretek-kretek' tuh, berarti sudah tanda awal gejalanya," simpul Dr. Andre.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment