Saturday, July 19, 2014

101 Fakta si 'Tuan Gigi' (2)

101 Fakta si SAKIT gigi juga seringkali menyerang anak-anak. Karena itu, orangtua khususnya ibupun harus tahu apa yang menjadi masalah terkait kesehatan gigi.

Dr. Eva Fauziah, drg., SpKGA, Staf Pengajar Departemen Kedokteran Gigi Anak FKGUI Salemba Jakarta, akan membantu menjawab pertanyaan yang sering diutarakan seputar gigi geligi si malaikat kecil. (Baca: Fakta si 'Tuan Gigi')

T : Faktor apa yang memengaruhi pertumbuhan gigi bayi?

J : Karena pertumbuhan gigi susu dimulai sejak janin usia 4 minggu dalam kandungan, nutrisi saat hamil perlu diperhatikan. Makanan yang dikonsumsi BuMil harus mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak, dan air yang cukup.

T: Mengapa bayi mau tumbuh gigi sering rewel/sumeng ?

J : Gejala yang umum terjadi pada setiap individu saat tumbuh gigi bergantung pada daya tahan tubuhnya. Apabila daya tahan tubuhnya baik, kemungkinan gejala-gejala yang timbul tidak terjadi. Gejala yang sering terjadi adalah suhu badan meningkat - berkisar 37,5-37,9°C (sumeng) - yang berlangsung kurang lebih 1-2 hari. Biasanya tidak sampai demam tinggi. Apabila demamnya cukup tinggi, sebaiknya anak dibawa ke dokter untuk mengecek apakah demamnya disebabkan karena akan tumbuh gigi atau ada penyebab lain. Gejala lain yang sering muncul yaitu rasa gatal pada gusi tempat gigi akan tumbuh. Sehingga bayi seringkali menggigit-gigit benda yang dipegangnya.

T: Bolehkah diberikan teether untuk mengatasi rasa gatal?

J : Bayi dapat diberikan biskuit yang agak keras tapi akan hancur bila terkena air liur, sehingga tidak membahayakan. Atau dapat juga diberikan mainan khusus/teether  untuk digigit-gigit. Ingat, pilihlah yang aman dari zat beracun.

T: Bagaimana mengatasi bayi rewel dan tidak mau makan karena mau tumbuh gigi?

J : Rasa gatal yang timbul sering membuat bayi menjadi rewel dan kehilangan nafsu makan. Maklum, perasaan tak enak di mulut membuat si kecil malas makan atau mengunyah. Jadi sebaiknya berikan makanan-makanan yang lunak, sehingga anak tidak perlu mengunyah terlalu lama. (Bersambung)  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment