Sunday, May 11, 2014

Nyeri saat BAK Indikasi Batu Ginjal, Bila...

Nyeri saat BAK Indikasi Batu Ginjal, Bila...Dokter,  saya Rina (26 tahun). Saya suka menahan pipis pada saat meeting di kantor. Sekarang jadi sering merasa sakit. Apakah ini indikasi batu ginjal, Dok? Terima kasih

Rina, Sukabumi

Jawaban:

Salam Mbak Rina. Nyeri saat Buang Air Kecil (BAK) bisa jadi merupakan gejala batu di saluran kemih, namun juga bisa merupakan indikasi dari infeksi saluran kemih.

Pada kondisi infeksi saluran kemih, selain nyeri dapat pula disertai dengan beberapa gejala lain, seperti anyang-anyangan, urine keruh, sering buang air kecil, bahkan sampai bercampur darah atau demam. Sementara, pada batu saluran kemih biasanya didahului dengan nyeri pinggang yang menjalar ke perut bawah, ada pula penyerta lain, seperti buang air kecil yang bercampur darah.

Oleh karena itu, perlu pemeriksaan fungsi ginjal dan urine, diikuti dengan pemeriksaan USG untuk dapat memastikan penyebab nyeri BAK. Sebagai pengobatan, pada tahap awal dapat menggunakan obat pereda rasa nyeri, seperti paracetamol, asam mefenamat atau natrium diklofenak, serta memperbanyak asupan meminum air mineral.

Tanda bahaya yang harus diperhatikan dan diwaspadai adalah demam serta buang air kecil bercampur darah serta keruh. Jadi, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter Anda. Semoga bermanfaat.

dr Nugroho BU, SpU

Spesialis Urologi RS Meilia Cibubur
 
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment