Friday, May 23, 2014

Janjikan Kinclong Instan, Waspadai Obat Kosmetik Palsu

Janjikan Kinclong Instan, Waspadai Obat Kosmetik PalsuPEREDARAN obat palsu di Indonesia semakin marak, termasuk kosmetik. Karena itu, perlu lebih cermat dalam memilih obat kosmetik yang tidak membahayakan kesehatan.

Kepala Pusat Informasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dra. Reri Indriyanti Apt, Msi mengatakan bahwa masyarakat harus mewaspadai bila penjual menawarkan produknya secara berlebihan. Pasalnya, ada kemungkinan jika obat tersebut palsu.

?Jadi, jangan pernah percaya yang bisa mengklaim bisa kinclong secara instan, itu pasti kalau tidak palsu ya produk ilegal karena mengandung bahan berbahaya,? ucapnya di @America, Pacific Place Mall, Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, dra Reri mengatakan, BPOM tidak menganjurkan pembelian obat-obat kosmetik secara online. Menurutnya, penjualan obat kosmetik dengan cara tersebut tidak diketahui penanggung jawabnya, terlebih tampilannya hanya virtual.

?Saya tidak katakan obat-obatan yang dijual secara online ilegal, tetapi tidak resmi. Selain itu, penjualan secara online itu kan virtual dan tidak ada penanggung jawabnya. Jadi, kita tidak menyarankan untuk membeli produk obat kosmetik secara online,? tegasnya.

Lebih lanjut, penjualan obat dengan cara online juga kerapkali mengabaikan hak konsumen. Sebab, saat melayangkan komplain, konsumen hanya menyampaikannya lewat email.

?Mau mengembalikan produknya, tetapi harus ke mana? Jadi, Badan POM sangat tidak mengajurkan untuk membeli secara online karena yang dirugikan konsumen,? tutupnya.  
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment