Thursday, May 29, 2014

Lingkungan Rumah Turut Pengaruhi Risiko Kanker

Lingkungan Rumah Turut Pengaruhi Risiko KankerKANKER merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Daerah tempat Anda tinggal ternyata memengaruhi risiko terkena penyakit mematikan ini.

Para peneliti melaporkan bahwa beberapa kasus kanker di Amerika Serikat berhubungan dengan kemiskinan. Mereka juga mengungkap, beberapa kasus penyakit lain lebih umum terjadi di antara orang kaya.

Di daerah termiskin di Amerika, insiden kanker umumnya lebih rendah di daerah termiskin dibandingkan wilayah makmur. Namun, kematian akibat kanker jauh lebih tinggi di daerah miskin dibanding daerah kaya Amerika.

?Status sosial ekonomi bukanlah sesuatu yang muncul pada rekam medis sehingga tidak benar-benar menjadi bagian dari National Cancer Statistic. Kondisi ini jauh dari pemikiran kita selama ini mengenai risiko kanker,? kata Kevin Henry, assistant professor of epidemiology, di Rutgers School of Public Health, New Jersey, dikutip Webmd, Kamis (29/5/2014)

Para ahli menjelaskan alasan kondisi tersebut, yakni di antara orang-orang kaya akses untuk melakukan skrining jauh lebih besar. Sedangkan, perilaku berisiko lebih sering dilakukan di antara orang-orang miskin, seperti merokok.

Sementara, menurut Vice President for Surveillance Research di American Cancer Society, Dr Ahmedin Jemal, tingkat kebiasaan merokok lebih tinggi di daerah termiskin, maka hal yang sama juga terjadi pada angka kejadian kanker. Namun, Dr Ahmedin menegaskan bahwa faktor risiko terkena kanker tidak hanya dari kebiasaan merokok, tetapi gaya hidup tak sehat lainnya.

?Daerah-daerah miskin juga memiliki tingkat kejadian kanker lebih tinggi yang berhubungan dengan minum-minuman beralkohol dan menggunakan narkoba suntik, tetapi keduanya faktor risiko kanker yang dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup,? jelasnya.

Selain itu, menurut Dr Ahmedin, kanker juga berhubungan dengan penyakit menular seksual dan pola makan yang buruk. Pernyataan ini diperkuat dengan ditemukannya kasus sarkoma kaposi, yakni kanker kulit yang sering terjadi di antara pasien AIDS. Para peneliti juga menemukan kanker leher rahim, kanker penis, dan kanker hati lebih sering terjadi di lingkungan miskin.

?Sarkoma kaposi adalah jenis kanker yang berhubungan dengan HIV, dan pasien HIV cenderung lebih miskin,? tambahnya.

Lebih lanjut, Dr Ahmedin mengatakan bahwa diagnosis kanker payudara dan prostat lebih banyak di daerah-daerah kaya karena akses yang lebih mudah untuk skrining, misalnya mamografi. Skrining dapat membantu mengidentifikasi kanker sejak dini sehingga pasien dapat diobati dari stadium awal.

?Hal ini juga membantu menjelaskan mengapa orang-orang miskin lebih sering didiagnosis dengan kanker stadium lanjut sehingga lebih berisiko meninggal akibat kanker,? jelasnya.

?Kesenjangan ini dapat dikurangi dengan meningkatkan pesan gaya hidup sehat, yakni menekankan pentingnya gizi yang baik, aktivitas fisik, menjaga berat badan tetap normal, serta tidak merokok,? simpulnya. (ftr)

»

2 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment