Tuesday, July 22, 2014

Paparan Sinar Matahari Ternyata Nyandu

Paparan Sinar Matahari Ternyata NyanduVITAMIN D dari paparan sinar matahari memang baik. Namun, dengan catatan, tidak boleh terlalu lama. Apa sebab?
 
Penelitian terbaru dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa terlalu lama terpapar sinar matahari mungkin bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan.
 
Untuk mencapai kesimpulan itu, peneliti meneliti tikus yang dipapari radiasi UVB setara manusia yang  terpapar sinar matahari selama 20 menit. Setelah satu pekan, penelitian menemukan bahwa endofin tikus meningkat sepanjang penelitian. Apalagi, tingkat endorfin semua tikus yang diteliti juga hampir sama hasilnya. Tentu, ini mengindikasikan memang adanya rasa candu dari paparan sinar matahari. (Baca: Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik)
 
Kendati demikian, terlalu lama terpapar sinar matahari juga tidak baik. Pasalnya, menurut Centers for Disease Control, hal itu bisa menyababkan kanker kulit. Tapi jika ingin mendapatkan asupan vitamin D dengan aman, cara yang bisa dilakukan yakni mengonsumsi suplemen vitamin D dosis 600 IU. Demikian seperti dilansir Mensfitness, Selasa (22/7/2014).
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment