Wednesday, July 9, 2014

Fans Brasil Berisiko Serangan Jantung, Ini Gejalanya

Fans Brasil Berisiko Serangan Jantung, Ini GejalanyaKEKALAHAN Brasil melawan Jerman di laga semifinal Piala Dunia ternyata dapat memicu serangan jantung para penggemarnya. Beberapa gejala patut dikenali saat seseorang terkena penyakit tersebut.

Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dari FKUI/RSCM mengatakan bahwa penyakit jantung koroner ditandai dengan beberapa gejala. Namun, yang paling umum, adalah nyeri seperti ditekan pada bagian dada. Biasanya, rasa sakit tersebut berlangsung kurang 10 menit.

"Serangan jantung karena penyakit jantung koroner bisa muncul dengan gejala berupa nyeri dada, biasanya nyeri menjalar ke tangan kiri dan tembus ke belakang dada," katanya dalam siaran persnya, Rabu (9/7/2014).

Selain itu, pasien juga akan mengalami sesak napas. Apalagi, jika serangan jantungnya disebabkan oleh stres. (Baca: Kalah, Risiko Serangan Jantung Warga Brasil Meningkat)

"Pasien bisa mengalami sesak napas dan akan bertambah jika naik tangga atau latihan yang keras atau karena stres," imbuhnya.

Seperti ditegaskan Dr Ari, kekalahan telak Brasil di kandang sendiri berisiko meningkatkan serangan jantung bagi fans-nya. Menurutnya, penyakit tersebut muncul karena rasa kecewa yang berlebihan.

"Sebagaimana kita ketahui, stres dan rasa kecewa yang berlebihan dan tidak sesuai harapan berlangsung secara cepat. Dampak menjadi faktor risiko serangan jantung dan stroke pada masyarakat," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment