Saturday, July 12, 2014

Bakar Kalori Lebih Banyak? Minum Kopi Sebelum Olahraga

Bakar Kalori Lebih Banyak? Minum Kopi Sebelum OlahragaSELAIN diet, olahraga penting dilakukan untuk membakar kalori. Semakin banyak kalori yang terbakar, maka lemak tubuh yang berkurangpun juga cepat.

Namun, ada cara agar kalori yang terbakar setelah berolahraga lebih banyak dari biasanya. Sebuah studi baru menemukan bahwa apa yang Anda minum sebelum berlolahraga mungkin membantu membakar kalori ekstra setelah latihan.

Minuman yang dimaksud adalah kopi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, minum kopi satu jam sebelum berolahraga dapat membantu membakar kalori sekiranya 15 persen lebih banyak setelah latihan.

Sebagaimana dikutip Womenshealthmag, Sabtu (12/7/2014), kafein dalam kopi adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan pernapasan, metabolisme, dan adrenalin dalam aliran darah Anda sehingga kalori yang terbakar bisa lebih banyak karena keringat mengalir deras.

Selain itu, penelitian dari Spanyol ini juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein sebelum berolahraga dapat membantu Anda latihan lebih keras dan lebih lama dari biasanya. Peneliti dalam studi ini menemukan bahwa manfaat pembakaran kalori dari minum kopi berkafein satu jam sebelum berolahraga bisa bertahan hingga tiga jam setelah meninggalkan gym.

Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisa 12 pria dan wanita yang biasanya berolahraga selama satu jam sehari, dan melakukannya 4 sampai 7 kali sepekan. Kemudian, satu jam sebelum berolahraga, peserta diberi dosis kafein mulai dari 0,5; 1,5; 3; dan 4,5 miligram per kilogram berat badan.

Setelah minum dosis kafein tersebut, para peserta diminta untuk berolahraga selama satu jam, kemudian istirahat selama tiga jam. Ketika para peserta sedang beristirahat, tim peneliti mengukur denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan peserta.

Kesimpulannya, hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah ideal kafein untuk meningkatkan metabolisme adalah 4,5 miligram per kilogram berat badan. Jadi, jika Anda mencari cara mudah untuk membakar kalori ekstra, minumlah kopi satu jam sebelum olahraga.   (fik)

»

0 comments:

Post a Comment