Friday, May 2, 2014

Saran buat Olga Syahputra & Pekerja Seni Lain Tetap Bugar

Saran buat Olga Syahputra & Pekerja Seni Lain Tetap BugarPARA pekerja seni sering bekerja tak teratur, sehingga membuat jam tidurnya tak tentu. Oleh karenanya, tak jarang mereka akhirnya jatuh sakit.

Untuk mendapat contoh dari hal di atas pun tak perlu jauh-jauh. Jatuh sakitnya Olga Syahputra, ternyata akibat pola makan sembarangan dan minim istirahat merupakan potret dari pola kerja pekerja seni. Seharusnya hal itu menjadi momentum bagi para pekerja seni untuk menjaga gaya hidupnya agar tak mudah jatuh sakit.

Sayangnya, lagi-lagi karena jadwal pekerjaan yang kerap tak mengenal waktu dan sampai tengah malam, sehingga membuat mereka tidur tak teratur dan tak cukup.

Melihat kenyataan itu, apakah memang kondisi itu tak bisa disiasati  agar tubuh tetap bugar agar penyakit bisa dicegah?

Menanggapi hal itu, dr. Grace Tumbelaka, Sp.K.O, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga menerangkan bahwa siasat untuk mencegah penyakit datang tentu saja ada. Akan tetapi, untuk mendapatkan kesehatan sebenarnya sudah ada rambu-rambunya dan itu tak bisa ditawar. Misalkan saja, istirahat yang cukup, yaitu tidur enam sampai delapan jam, pola makan yang sehat, teratur memiliki aktivitas fisik dan berpikir positif, itu sudah syarat-syarat memiliki tubuh bugar.

"Kalau dokter memberikan rekomendasi bahwa tidur yang cukup merupakan basic agar kita memiliki tubuh sehat dan bugar. Itu yang harus diingat dulu. Kalau tidak bisa tidur yang cukup, baru kita itu bicara siasat. Kenapa? Tidak seperti itu mereka pasti akan melakukan siasatnya saja, padahal yang terbaik untuk mendapatkan tubuh bugar dengan menerapkan empat syarat sehat itu," ungkapnya.

Dengan demikian, kalau tidurnya kurang, sudah pasti si pekerja seni sulit mendapatkan tubuh selalu bugar dan keinginan tak mempan terserang penyakit.

Lebih lanjut, dia menerangkan pekerja seni itu harus tetap juga berolahraga sesibuk apa pun mereka. Karena itu prinsip dasar agar tubuh tetap bugar.

"Lakukan aktivitas fisik tiga kali seminggu, minimal 30 menit," katanya. "Bila sulit melakukannya saat pagi, malam pun sah-sah saja mereka lakukan. Namun, jangan di bawah dua jam sebelum tidur karena itu akan membuat Anda sulit tidur," terangnya saat di wawancarai Okezone lewat sambungan telefon, Jumat (2/4/2014)

Kemudian, jenis latihannya pun harus dengan intensitas sedang. Arti intensitas ini sendiri artinya aktivitas fisik yang dilakukan tak terlalu ringan, tapi juga tak terlalu berat. "Prinsip dari intensitas sedang ini, saat kita melakukan olahraga tak membuat kita terengah-engah," ungkapnya.

Menurutnya, hal penting lain yang harus diingat adalah untuk mencapai tubuh bugar memang tak bisa tanpa olahraga dan tak bisa mengandalkan makanan sehat saja. Jika ingin mendapatkan tubuh yang bugar, kedua hal itu mutlak harus dijalani. Dengan sendirinya, penyakit akan bisa kita tepis. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment