Monday, May 5, 2014

Kelelawar & Onta Diduga Penyebar Virus MERS CoV di Arab Saudi

Kelelawar & Onta Diduga Penyebar Virus MERS CoV di Arab SaudiMEWABAHNYA Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV) di beberapa negara Arab masih kian terus bertambah.
 
Tak sebatas itu, virus ini pun sudah ditemukan di beberapa negara yaitu, Perancis, Italia, Tunisia, Inggris, Malaysia, bahkan Amerika Serikat. Alhasil, kini virus ini pun menjadi perhatian negara-negara mancanegara.
 
Melihat penyebaran MERS CoV yang cukup masif sekarang ini, belum diketahui apa penyebab dan obat mujarab dari virus ini. Lantas apa sih penyebab awal virus MERS CoV ini?
 
"Telah ditemukan pada kelelawar dan unta, dan banyak ahli mengatakan unta adalah yang paling mungkin dari penyebaran hewan dari mana manusia, sehingga menjadi terinfeksi," kata  Dr Wayne Marasco , seorang spesialis penyakit menular di Dana Farber Cancer Institute di Boston, seperti dilansir Reuters.
 
Sementara alasan virus MERS CoV ini menyebar ke berbagai negara karena kurangnya perhatian dan kerja sama para ilmuwan antar negara-negara Timur Tengah.
 
Lebih dalam lagi, Marasco menjelaskan, seharusnya untuk wisatawan yang usai menjalani perjalanan Timur Tengah khususnya Arab Saudi harus diobservasi terlebih dahulu. Sebab hanya dengan cara itu setiap negara bisa menimalisir angka kejadian virus MERS CoV ini.
 
"Mereka harus bertanya, dari mana Anda melakukan perjalanan ? Apakah Anda mengalami kontak dengan hewan, siapa pun yang sakit, dan apakah Anda mengalami demam atau batuk ?" tandas Marasco.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment