Sunday, May 26, 2013

Patut Diperhatikan si Pemakai Lensa Kontak

Patut Diperhatikan si Pemakai Lensa KontakLENSA kontak umumnya digunakan untuk membantu penglihatan seseorang yang menderita rabun jauh atau dekat, sehingga dapat melihat seperti orang normal. Namun, banyak dari sebagian orang yang mungkin lalai dalam memakai atau merawat lensa kontak miliknya, sehingga mata lebih rentan terhadap infeksi.  
Bila Anda pemakai lensa kontak, perhatikan hal-hal berikut ini agar bebas dari infeksi, seperti dilansir Redorbit.


Ketika menangani lensa Anda

Tentu langkah ini akan menyebabkan infeksi dan iritasi bila setelah mencuci tangan, Anda kembali menempatkan jari di mata. Sebaiknya potong kuku jadi pendek, sehingga tidak merobek atau menggores lensa. Selain itu, jangan gunakan keran atau air liur untuk mencuci lensa Anda. Untuk menggunakan jenis lensa kontak yang sesuai, tanyakan perawatan lensa kontak dan mata Anda kepada yang profesional.

Ketika Anda menggunakan lensa kontak terlalu lama
 
Jika memakai lensa kontak semalaman atau lebih lama daripada yang disarankan oleh professional, maka hal tersebut akan meningkatkan risiko ulkus kornea yang dapat melukai kornea atau menyebabkan kebutaan.


Ketika Anda menggunakan obat tertentu
 
Konsultasikan dengan profesional mata Anda mengenai obat yang digunakan. Sebab, menggunakan pil KB dapat meningkatkan estrogen dan bisa membuat mata Anda lebih sensitif, serta menurunkan produksi air sehingga membuat mata kering. Begitu pula penggunaan antihistamin, obat untuk mengurangi alergi juga dapat mengeringkan mata Anda. Selain itu, beberapa jenis obat jerawat dapat menyebabkan sensasi gatal dan mengiritasi mata.


Ketika mata Anda terlalu kering
 
Banyak orang pemakai lensa kontak mengalami mata kering sejak lensa kontak menutupi permukaan mata, serta membatasi oksigen. Kemudian, kekeringan dapat menjadi lebih buruk dalam situasi tertentu, seperti ketika di pesawat terbang, dalam iklim kering, saat mengambil antihistamin, atau setelah minum alkohol. Oleh karena itu, Anda mungkin bisa membawa botol air mata buatan atau obat mata tetes, serta pastikan sering berkedip untuk menjaga mata tidak kering.


Saat memakai make up

 
Jangan biarkan riasan mata seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow membuat mata Anda bengkak atau terinfeksi. Pilihlah maskara yang tahan air, pilih pelembap berbasis air hypoallergenic, seperti losion dan krim foundation. Oleh karena itu, sebaiknya masukan lensa kontak dalam tas sebelum merias wajah.

Ketika Anda mengunjungi salon

Ketika Anda menggunakan hair spray atau produk lainnya berbahan kimia saat di salon, berkediplah lebih sering untuk melindungi mata atau Anda sedang menggunakan hair dryer.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment