Saturday, May 25, 2013

Minum Susu Bikin Wanita Panjang Umur?

Minum Susu Bikin Wanita Panjang Umur?KALSIUM merupakan nutrisi yang penting untuk melindungi dan menjaga kesehatan tulang. Pada umumnya, kalsium dapat ditemukan dalam susu serta vitamin. Namun, sebuah studi penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal The Endocrine Society of Clinical Endocrinology & Metabolism (JCEM) mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium hingga 1.000 mg per hari juga dapat membantu wanita hidup lebih lama. Benarkah demikian?  
Meskipun kalsium merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, pada penelitian sebelumnya telah menghubungkan antara suplemen kalsium dengan risiko penyakit jantung. Para peneliti menganalisis data dengan skala besar dari Canadian Multicentre Osteoporosis Study (CaMos) untuk berusaha mengklarifikasi isu ini dan berusaha menemukan dosis tepat agar suplemen kalsium memiliki efek menguntungkan pada wanita.
 
"Studi kami menemukan setiap hari menggunakan suplemen kalsium dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian di kalangan wanita. Manfaatnya terlihat untuk wanita yang mengambil dosis hingga 1.000 mg per hari, terlepas apakah suplemen mengandung vitamin D atau tidak,? jelas David Goltzman, MD dari McGill University di Montreal, Kanada, sebagaimana dilansir Medicalnewstoday.
 
Pada penelitian The Longitudinal Cohort telah memonitor kesehatan 9.033 warga Kanada di antara 1995 hingga 2007 dan selama periode itu, 1.160 peserta meninggal. Meskipun data menunjukkan wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium memiliki risiko kematian yang lebih rendah, namun penelitian tidak menemukan bukti yang kuat untuk pria.
 
?Nilai tinggi kalsium telah berpotensi dihubungkan dengan rentang hidup yang lebih lama pada wanita, terlepas darimana sumber kalsiumnya. Artinya, manfaat yang sama juga terlihat ketika kalsium berasal dari susu, non-susu atau suplemen,? tutup Goltzman.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment