Tuesday, October 7, 2014

Tanda-Tanda Penuaan Patut Diwaspadai

Tanda-Tanda Penuaan Patut DiwaspadaiPERTAMBAHAN usia seringkali berpengaruh pada penurunan fungsi tubuh. Salah satunya keseimbangan tubuh yang menurun sedikit demi sedikit.

Menurut sebuah penelitian, 58 persen dari semua kecelakaan yang terjadi pada usia lebih dari 65 tahun. Biasanya, mereka mengalami penurunan keseimbangan. Berikut adalah beberapa tanda-tandanya, sebagaimana dikutip Healthmeup, Rabu (8/10/2014).

Sistem vestibular

Sistem yang ada di dalam telinga ini membantu menjaga keseimbangan dan menentukan posisi ketika Anda akan jatuh. Seiring pertambahan usia, sel-sel dalam sistem vestibular Anda mulai menurun. Akibatnya, deteksi dan koreksi keseimbangan kurang efektif. Menurunnya fungsi sel-sel organ telinga, selain menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu, juga menyebabkan menurunnya fungsi pendengaran. Sayangnya, tidak ada obat yang dapat mencegah atau mengobati ini, selain dengan menerapkan gaya hidup sehat.



Penglihatan
 
Penglihatan cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Bersamaan dengan itu, kemampuan Anda untuk fokus dan memahami kedalaman dan kontras akan memengaruhi keseimbangan. Masalah ini dapat dikoreksi dengan memakai kacamata resep dokter atau operasi mata korektif.



Tekanan darah
 
Penderita tekanan darah, Anda mungkin langsung bisa merasa pusing hanya karena berdiri atau duduk. Ketika terjadi penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, kondisi ini dapat menyebabkan pusing atau pingsan. Bergerak dengan hati-hati dan perlahan dapat mencegah kondisi tersebut terjadi.



Otot
 
Anda cenderung kehilangan banyak massa tubuh dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia. Kondisi tersebut bisa memengaruhi keseimbangan, karena Anda tidak dapat memertahankan diri sendiri dan bereaksi cepat. Untuk mengatasinya, Anda bisa bolahraga secara teratur dan menjaga tubuh agar tetap bugar.


Koordinasi
 
Menurunnya koordinasi dan refleks tubuh seiring pertambahan usia, hal ini menyulitkan otak Anda untuk mengatur keseimbangan. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan kegiatan fisik untuk meningkatkan koordinasi dan latihan mental yang akan membuat otak Anda tajam.



Masalah kesehatan


Masalah kesehatan seperti penyakit jantung, arthritis, multiple sklerosis, dan parkinson dapat memengaruhi keseimbangan Anda. Bahkan, obat untuk masalah kesehatan tertentu dapat meningkatkan risiko hilangnya keseimbangan akibat pusing, penglihatan kabur, atau kerusakan telinga akibat efek obat tersebut. Yang dapat Anda lakukan adalah mencari solusi dengan mengonsultasikan masalah tersebut pada dokter.
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment