Wednesday, October 8, 2014

Indonesia Minim Dokter Spesialis Jiwa

Indonesia Minim Dokter Spesialis JiwaUNDANG-Undang Kesehatan Jiwa sudah mulai berlaku di Indonesia sejak 8 Agustus 2014. Namun, bagaimana dengan jumlah tenaga kesehatan jiwa di Indonesia sendiri, sudahkah cukup?

Menurut dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ dengan Penduduk Indonesia yang kira-kira berjumlah 240 juta jiwa, maka jumlah dokter kesehatan jiwa masih minim. Selain itu,  jumlah psiklog klinis di Indonesia pun masih kurang bila dibandingkan jumlah penduduk Indonesia.

"Psikiater tidak sampai 800 dan psikolog klinis 400, dengan jumlah penduduk Indonesia yang banyak kita bekerjasama dengan mereka. Bayangkan, kita harus menangani mereka di setiap siklus kehidupannya, jadi bisa dibilang masih sangat kurang," ujarnya dalam acara Diskusi dan Pra Peluncuran Buku "A Rookie & The Passage of The Mental Health Law; The Indonesian Story" di Bunga Rampai, Jl Teuku Cik Ditiro No 35, Menteng, Jakarta Pusat, (8/10/2014).

Lebih lanjut, Nova Riyanti Yusuf membandingkan kondisi jumlah dokter kesehatan jiwa di Jepang. Di negeri Sakura, perbandingan jumlah dokter kesehatan dengan penduduk adalah 1:1.000.

"Sedangkan, di Indonesia perbandingan dokter kesehatan jiwa dengan penduduk itu 1:500.000, jadi masih kurang.  Jadi, kita harus bersama-sama dengan psikolog, karena dokter kesehatan jiwa tidak bisa sendiri," tambahnya.

Tidak hanya jumlah tenaga kesehatan berkaitan kesehatan jiwa, Nova Riyanti juga menyoroti jumlah fasilitas kesehatan yang terdapat layanan kejiwaan. Bahkan, ada beberapa provinsi masih belum memiliki fasilitas kesehatan jiwa.

"Indonesia itu memiliki sekitar 9 ribu Puskesmas, tetapi hanya 1000 yang bisa melayani kesehatan jiwa. Bahkan, Rumah Sakit Jiwa juga tidak ada di delapan Provinsi," tutupnya.
(fik)

»

2 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
pin bb#58ab14f5

Post a Comment