Saturday, July 12, 2014

Puasa Lindungi Kesehatan Jantung & Jauhi Stres

Puasa Lindungi Kesehatan Jantung & Jauhi StresMEMAMG, inti dari puasa saat Ramadan adalah rohani. Namun, bulan Ramadan juga menawarkan sejumlah manfaat terhadap kesehatan secara keseluruhan.  
Berikut beberapa manfaat kesehatan dengan menjalankan ibadah puasa, seperti dilansir Alarabiya, Sabtu (12/7/2014)
 
Jauh dari stres
 
Ada makna spiritual saat Ramadan bagi umat muslim yang berpuasa. Misalnya, orang-orang berusaha mengendalikan dirinya dan banyak membantu satu sama lain. Hal tersebut akan membangun rasa damai dan ketenangan, sehingga terhindari dari stres.
 
Meningkatkan kadar lemak baik dalam darah
 
Sebuah studi yang dilakukan di Annals of Nutrition Metabolism menunjukkan bahwa puasa menurunkan lemak jahat atau LDL sebesar 8 persen dan tingkat trigliserida sekiranya menurun 30 persen. Sementara, puasa juga meningkatkan lemak baik atau HDL sebesar 14 persen, sehingga melindungi Anda dari penyakit jantung.
 
Membantu mengatasi kecanduan
 
Kecanduan bisa datang dalam segala bentuk, tetapi Ramadan memberi kesempatan untuk menguranginya. Hal ini karena bulan Ramadan mengajarkan kepada kita untuk menahan diri sepanjang hari. Sehingga mungkin Anda akan berpikir bahwa mengatasi kecanduan tidak sulit.
 
Membantu menurunkan berat badan
 
Konsumsi kalori secara keseluruhan menurun selama bulan Ramadan. Jika Anda bisa mempertahankan kebiasaan makan itu selama Ramadan, maka sangat mungkin berat badan akan turun. Terlebih lagi, tubuh akan membutuhkan energi saat beraktivitas saat Ramadan. Tetapi karena tidak ada asupan energi dari makanan, maka tubuh membakarnya dari lemak.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment