Saturday, July 12, 2014

Sikat Gigi Pakai Siwak, Efektifkah?

Sikat Gigi Pakai Siwak, Efektifkah?SEBAGIAN dari umat Muslim di Indonesia sampai saat ini masih ada yang memakai siwak untuk jadi alat pembersih gigi. Biasanya, mereka memakai siwak sebelum mereka ingin beribadah sholat.  
Namun demikian, mengingat siwak adalah sebatang kayu kecil, muncul beberapa pertanya,  apakah siwak efektif untuk membersihkan gigi? Dan apakah memakai siwak itu higienis?
 
Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, Mbiomed FICD Lab Biocare dari Fakultas Kedokteran Gigi Usakti menegaskan bahwà siwak bisa memang dijadikan alat bersih gigi dan sudah umum digunakan.
 
"Siwak itu kalau Anda pergi ke toko yang menjual baju kokoh dan parfum, mereka juga menjual siwak perbungkus," katanya di Media Talk: Solusi Nano Charcoal, Solusi untuk Sikat Gigi yang Lebih Higienis, di Restoran Bunga Rampai lantai 2, Jakarta Pusat, belum lama ini.
 
Lebih dalam, ia menerangkan bahwa siwak bisa membersihkan gigi dengan ujung batangnya. Apalagi, imbuh dia, penggunaan siwak sudah termaktub dalam kita suci umat Muslim. Tentu, sah-sah saja bila orang yang ingin memilih siwak sebagai alat bersih giginya.
 
"Begitu ujung bagiannya jadi bulu kan langsung digunting, pas dimasukin ke dalam saku juga digunting, disitu kan berarti siwak tidak membuat celah berkembangnya bakteri yang biasanya muncul saat kondisi alat sikat lembap. Jadi, kehegienisan dan fungsinya pun terjamin," tutup Prof. Melanie.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment