Friday, July 11, 2014

Menu Terbaik jika Ibu Hamil Berpuasa

Menu Terbaik jika Ibu Hamil BerpuasaIBU hamil juga bisa menjalani puasa Ramadan. Namun tentunya, hal ini disesuaikan dengan kondisi yang dialami.
 
Menurut dokter spesialis gizi klinik, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, ibu hamil yang ingin berpuasa sebenarnya tidak masalah. Meski begitu, kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi karena tidak hanya bagi sang ibu, tapi juga bayinya.
 
"Puasa tidak masalah, hanya kebutuhan nutrisi harus dipenuhi karena bukan untuk dirinya tapi juga si bayi," katanya kepada Okezone usai acara diskusi "Sehat dengan Buah Kiwi Zespri" di Restoran Merah Delima, Kebayoran baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/7/2014).
 
Untuk porsinya, dr Fiastuti mengatakan bisa menyesuaikan kebutuhan sang ibu. "Porsi bisa lebih besar, kalau dia mau dua kali makan, misalnya sahur dan buka puasa. Tapi, kalau tetap porsinya, dia bisa makan sahur, makan pada saat buka dan setelah salat tarawih," katanya.
 
Sementara untuk menunya, menurut dr Fiastuti, juga tidak berbeda dengan mereka yang tidak hamil. Tentu saja, menu yang dikonsumsi harus mencukupi kebutuhan gizi.
 
"Menunya tergantung, sayur dan buah dibutuhkan karena ada vitaminnya. Selain itu, saat buka puasa sebaiknya konsumsi yang manis. Tujuannya untuk mengganti kadar gula darah yang hilang," terangnya.
 
Sementara, kondisi serupa juga bisa dilakukan oleh ibu menyusui. Terpenting, sahur dan buka puasa wajib dilakukan dengan makanan yang bisa menambah kalori.
 
"Untuk ibu menyusui juga sama. Mereka kan harus menambah kalori, artinya harus tercukupi saat buka dan sahur," tutupnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment