Monday, July 7, 2014

Menkes Ajak Masyarakat Cegah Kekerasan Seksual pada Anak

Menkes Ajak Masyarakat Cegah Kekerasan Seksual pada AnakMARAKNYA kasus kekerasan pada anak, tentunya menjadi perhatian banyak kalangan. Termasuk Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi SpA, M.P.H.

Karenanya, Menkes pun mengajak seluruh masyarakat untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Caranya cukup sederhana, orangtua diminta untuk memberdayakan anak.

"Anak harus tahu ada bagian tubuhnya yang tidak boleh dipegang oleh orang lain. Kalau ada yang dekat dengan dia dan berusaha untuk memegang daerah yang tidak boleh disentuh, dia harus segera teriak dan meminta bantuan," ujarnya di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Senin, 7 Juli 2014.

Pencegahan lainnya, yakni mengajarkan anak untuk mengenal siapa orang yang berada di dekatnya. Apalagi, justru orang dekat seringkali menjadi ancaman berbahaya terhadap kekerasan seksual pada anak. (Baca: Menkes himbau orangtua harus percaya dengan anak)

"Tetapi juga harus berusaha supaya ada hubungan yang correct antara anak kita, baik laki-laki atau perempuan dengan orang lain, termasuk yang dekat dengan dia," tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment