Wednesday, May 14, 2014

@Blood4LifeID, Instalasi Gawat Darurat di Dunia Maya (1)

@Blood4LifeID, Instalasi Gawat Darurat di Dunia Maya (1)SEPAK terjang akun @Blood4LifeID di jagat Twitter masyarakat Indonesia sudah sangat meluas. Ini berkat kicauan status seseorang saat dengan mudah menemui pendonor darah yang dia butuhkan. Selanjutnya, banyak orang butuh donor darah bisa sampai tepat pada waktunya.

Banyak nyawa yang akan diselamatkan? Ah, tak usah ditanya lagi? Apakah semua orang bisa mendapatkan bantuan itu? Oh, tentu saja. Namun, siapa menyangka bahwa aksi melalui media sosial ini bermula dari ketaksengajaan.

Ya, Valencia Mayke Randa (@JustSilly), founder Komunitas Blood for Life, mengatakan bahwa mulainya aksi sosial muncul diawali ketaksengajaan. Jadi, saat dulu ia masih menjabat sebagai manajer, ia melihat seseorang mengalami pendarahanan hebat dan tak mendapatkan donor darah, dalam sekejap orang tersebut meninggal.

Dari situlah, keresahan dalam hati mulai muncul, dan ia merasa di luar sana pasti banyak orang yang tak terbantu. Terlebih, Mbak Silly?sapaan akrabnya?memiliki ibu yang harus mencuci darah dua hari sekali untuk tetap fit. Keresahan dalam dirinya kian menjadi-jadi.

Akhirnya, pada 2009, ia menemukan data bahwa masih sedikitnya orang mendonor darah. Inilah yang memantapkan hatinya untuk melakukan aksi sosial lewat Blood for Life.

?Saya mendapatkan berita, pada tahun 2009 kebutuhan negara mencapai 4,5 juta kantong darah, namun kita hanya dapat satu juta kantong darah. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak orang meninggal saat itu karena tidak mendapatkan darah,? katanya kepada Okezone di Cilandak Town Square, Jakarta, baru-baru ini.

Padahal, lanjut dia, darah gratis dan ada di dalam tubuh setiap orang, hanya butuh keikhlasan untuk mau mendonor. Prosesnya pun tak lama, sekira 10 menit. Dan, saat mendonor darah, berarti kita sudah berbagi nyawa dan kehidupan dengan orang lain.

Setiap orang sebenarnya bisa mendonorkan darah dan tentu perlahan bisa minimalisir kematian karena kekurangan darah. Hal itu sangat mungkin terjadi karena setiap orang lahir dengan hati nurani.

"Ya, setiap orang tak sekadar membutuhkan makan untuk bisa bertahan hidup, tapi ada hati nurani di dalam dirinya. Dengan demikian, berbuat baik adalah kebutuhan, kebutuhan fisik semua orang. Dan pada saat mereka mendonorkan darah sebenarnya mereka sedang menolong dirinya sendiri,? bebernya.

Meski begitu, kata dia, mewujudkan Blood for Life bukan hal mudah dan banyak sekali terbentur persoalan, khususnya ruang dan waktu. ?Saya yakin, di luar sana banyak yang minta ditolong (agar mendapatkan donor darah). Masalahnya, orang yang meminta pasti entah dimana dan yang ingin mendonor darah juga dimana. Di sinilah masalahnya, mereka rata-rata terbentur perbedaan tempat,? imbuhnya.

Tak habis akal, akhirnya ia melakukan aksi lewat dunia maya, yang tak mengenal batas ruang-waktu, strata sosial, pria-wanita, tua-muda, semua bisa terhubung. Dia memulainya dengan Twitter, blog dan lain-lain. Lama kelamaan, setelah komunitas ini liris, manfaatnya kian besar dirasakan bak efek bola salju.

"Pesan @Blood4LifeID itu satu, saya ingin donor darah menjadi gaya hidup dan semua orang ada keinginan untuk mendonor darah. Saya yakin sekali setiap orang memilik hati nurani, dan akan ada orang yang membutuhkan darah di luar sana. Harapan saya donor darah menjadi lifestyle. Keberadaan kami bukanlah seperti PMI (Palang Merah Indonesia-red), kami hanya menjembatani pendonor dan penerima donor," terangnya.

?Banyak yang menilai bahwa @Blood4lifeID itu IGD-nya dunia maya. Mereka yang butuh tinggal mention ke kami, dan kami akan share. Biasanya pendonor dan yang menerima donor langsung bertemu, meski secara dunia maya dulu,? ujarnya.

Untuk mendapatkan manfaat dari Blood for life, Mbak Silly menerangkan bahwa seseorang bisa me-mention kebutuhan darah di akun twitter @Blood4lifeID. Setelah itu, admin-nya akan meng-update status pertolongan dengan keterangan hastag (#) di akhir kalimat.

?Kalau ada update status dengan hashtag #redallert, itu berartinya sedang butuh banget. Kalau status yang di belakangnya muncul hashtag #whiteupdate, berarti yang ingin mendapatkan donor (darah) sudah meninggal. Sementara itu, kalau #greenalert berarti kebutuhan darah sudah terpenuhi,? jelasnya. (bersambung)
(ftr)

»

2 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment