Monday, May 19, 2014

Kurangi Bumbu, Cara Sehat si Kecil Makan Mi Instan

Kurangi Bumbu, Cara Sehat si Kecil Makan Mi InstanBANYAK cara menyajikan mi instan untuk si kecil, selain menambahkan sayuran dan telur di dalamnya. Cara lainnya dengan mengurangi porsi dari bumbu penyedap mi instan itu sendiri.

Menurut Dr. dr. Inge Permadi MS, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RSCM, cara sehat memberikan mi instan untuk anak, yakni tanpa memberikan bumbu penyedap. Hal itu agar sajian mi instan tidak terlalu gurih dan menghindarkan anak jadi kecanduan.

"Kita sebagai orangtua tahu bahwa  zat pengawet, pewarna dalam mi instan tidak terlalu baik untuk tubuh. Untuk mengurangi efeknya, bumbu penyedap bisa dikurangi, apalagi terlalu kuat ya," jelasnya saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Inge menyarankan agar para orangtua tidak terlalu sering memberikan mi instan. Pasalnya, akan lebih baik untuk memberikan makanan dengan komposisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin.

"Mi instan itu kebanyakan kandungan karbohidrat, minim kandungan protein dan kandungan lainnya. Jadi, kalau (anak) dibiasakan makan mi instan dari sisi gizi juga kurang baik untuk anak di mana mereka sedang membutuhkan banyak gizi untuk tubuhnya bertumbuh," terangnya.

Sementara itu, kata  dia, cara mengonsumsi mi instan ini juga tak hanya terpatok pada anak. Artinya, para orang dewasa pun bisa mengadopsi cara makan mi instan ini. (fik) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment