Thursday, May 16, 2013

Minum Saja Teh Saat Stres Tak Kunjung Reda

Minum Saja Teh Saat Stres Tak Kunjung RedaBANYAK manfaat dari mengonsumsi teh Oolong. Selain menjaga kesehatan, manfaat lainnya dapat meredakan stres Anda.  
Hal ini karena kandungan teh Oolong mempunyai kemampuan membuat perasaan Anda lebih tenang. Di mana kandungan polifenolnya dapat memproduksi endorfin, hormon yang berhubungan dengan kesenangan. Sehingga dapat menekan kartisol (penghasil hormon stres) dan akhirnya dapat meredakan stres Anda.
 
"Seseorang yang mengonsumsi teh Oolong saat dirinya dalam perasaan stres atau tertekan, entah karena deadline pekerjaan ataupun berbagai masalah, akan membuat tubuhnya lebih rileks. Sehingga tak jarang dapat memikirkan jalan keluar atau pikiran jernih terhadap tekanan yang dirasakannya. Kondisi ini bisa tercapai, pasalnya kandungan polifenol pada teh selalu menekan hormon stres," tutur Emilia E. Achmadi, MS, seorang ahli nutrisi dan gizi kepada Okezone dalam acara bertema Menjaga Keseimbangan Gaya Hidup dengan Khasiat Teh Oolong di Cafe Aria, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2013).
 
Dia menambahkan, seseorang ataupun pekerja pasti dalam sehari ada titik jenuh atau merasa letih. Lantas, bila Anda selalu merasa di kondisi itu dan merasa terganggu, Emil -begitu sapaan
akrabnya- menganjurkan untuk meluangkan waktu sekedar meminum teh. Menurutnya, hal itu akan membantu mengembalikan mood seperti awal dan meningkatkan semangat Anda lagi.
 
"Coba  minum teh lima menit saja pas merasa bosan, depresi, dan capek dalam rutinitas harian Anda. Pasti kondisi tubuh akan jauh lebih tenang. Hal ini karena stres merupakan efek psikologis dan teh dapat memberikan relaksaksi atau kebutuhan itu. Sehingga bila seseorang efek psikologisnya sudah terpenuhi, kondisinya akan membaik atau stabil, dan pasti ini akan mempengaruhi fisiologisnya (sesuai dengan fungsi tubuh) juga. Inilah mengapa  teh dapat meredakan stres Anda.
Biar tidak penasaran, saat dalam kondisi jenuh coba seduh teh hangat. Kemudian hirup aromanya perlahan-lahan. Baru setelah itu, hati Anda sudah mulai tenang," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment