Thursday, October 9, 2014

Satu Orang Bunuh Diri Tiap 40 Detik

Satu Orang Bunuh Diri Tiap 40 DetikMASALAH kejiwaan harus dianggap sebagai masalah yang serius, karena menyangkut nyawa seseorang. Bahkan, kasus bunuh diri karena mengalami gangguan jiwa setiap tahunnya tidaklah sedikit.

"Berdasarkan data WHO, dalam satu tahun rata-rata terdapat 800.000 kasus bunuh diri per tahun, artinya setiap 40 detik ada 1 org bunuh diri," ujar dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ di Jakarta Pusat, 8 Oktober 2014.

Selain itu, dr Nova mengatakan bahwa berdasarkan data Mabes Polri tahun 2012, terjadi 0,5/100.000 kasus bunuh diri atau sekira 1.170 per tahun. Karenanya, butuh sebuah klinik komunitas guna membantu mengatasi masalah kejiwaan.

"Di Australia itu ada klinik komunitas, sedangkan di Indonesia kebudayaan seperti ini belum ada. Padahal, langkah ini bisa mengurangi stigma, karena bentuknya seperti rumah, tapi tetap ada dokter jiwanya," tuturnya.

(Baca: "Tidak boleh lagi menyebut gila")

Lebih lanjut, dr Nova mengatakan bahwa dengan sudah berlakunya UU Kesehatan Jiwa per 8 Agustus 2014, fasilitas kesehatan jiwa rujukan harus berbenah. Menurutnya, setiap rumah sakit jiwa harus menyediakan sebuah ruangan khusus perawatan kejiwaan.

"Setiap Rumah Sakit Jiwa minimal harus mempunyai ruang perawatan dengan tingkat keamanan terstandar. Jadi, kondisinya seperti penjara, tetapi ada perawatan dan pengobatan dengan keamanan terstandar," tutupnya.
(fik)

»

3 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
pin bb#58ab14f5

Post a Comment