Wednesday, October 1, 2014

Pernah Sakit Cacar Berisiko Herpes Zoster

Pernah Sakit Cacar Berisiko Herpes ZosterSEBAGIAN besar orang pernah mengalami cacar air sekali seumur hidup. Namun rupanya, penyakit yang disebabkan karena virus varicella juga bisa meningkatkan risiko herpes zoster di usia lanjut.

Setelah menyebabkan cacar air, virus tersebut dapat bertahan di dalam tubuh manusia. Ketika imunitas tubuh lemah, virus yang tidur tersebut dapat aktif kembali dan menyebabkan penyakit herpes zoster.

Virus cacar air yang tidak tuntas diberantas akan tertidur atau dorman dalam saraf tubuh manusia dapat bertahan selama bertahun-tahun. ?Mereka bisa menetap bertahun-tahun. Jadi semisal waktu kecil kena cacar, virus varisela ini menyebar ke mana, lalu mereka akan berdiam di ganglion saraf tubuh,? kata Dr. dr. Andradi Suryamiharja, Neurolog dari Rumah Sakit Graha Kedoya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Virus varicella yang aktif kembali akan menyebabkan munculnya ruam merah di kulit dan gelembung-gelembung cair seperti cacar yang disertai dengan rasa nyeri.

?Virus ini menyerang merusak saraf di ujung kulit dan mengganggu saraf motorik. Dengan demikian, banyak penderita herpes zoster yang akhirnya menderita kelemahan pada alat gerak bahkan kelumpuhan,? tambahnya

Lebih lanjut, pengobatan cacar yang tidak tuntas juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena herpes zoster di kemudian hari.  Seiring dengan penuaan, maka sistem kekebalan tubuh akan melemah. Apalagi jika diiringi dengan gaya hidup yang sehat. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment