Wednesday, October 8, 2014

Pelanggaran HAM Sering Dialami Penderita Skizofrenia

Pelanggaran HAM Sering Dialami Penderita SkizofreniaTIDAK banyak orang yang memahami skizofrenia hingga menganggapnya sebagai kutukan. Bahkan, tidak jarang orang-orang dengan skizofrenia mengalami pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Karenanya, Hari Kesehatan Jiwa Dunia 2014 yang diperingati 10 Oktober 2014 mengusung tema "Living with Schizophrenia". Menjelang Hari Kesehatan Jiwa Dunia, dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ mengaku miris melihat kenyataan bahwa banyak orang-orang dengan Skizofrenia mengalami pemasungan.

"Berdasarkan data Riskesdas 2013, korban pemasungan di Indonesia berjumlah 56.000, termasuk di dalamnya orang-orang dengan Skizofrenia, sehingga Indonesia sempat dicap sebagai negara pelanggar HAM," ujarnya dalam acara Diskusi dan Pra Peluncuran Buku "A Rookie & The Passage of The Mental Health Law; The Indonesian Story" di Bunga Rampai, Jalan Teuku Cik Ditiro No 35, Menteng, Jakarta Pusat, (8/10/2014).

Lebih lanjut, dr Nova menjelaskan bahwa pemasungan-pemasungan terhadap skizofrenia tidak hanya terjadi di desa-desa, melainkan juga kota-kota besar. Memang, menurut dr Nova, 18 persen pemasungan terjadi di desa, tetapi persentase di kotapun cukup besar, yakni 10 persen.

"Mereka rata-rata dipasung selama hampir 14 tahun. Rata-rata ukuran kakinya sudah menjadi kecil karena tidak banyak bergerak," tuturnya.

Bahkan, dr Nova mengatakan bahwa Indonesia pernah menjadi selebriti dunia dengan menjadi cover majalah Times tahun 2002. Pada cover tersebut digambarkan korban pemasungan tanpa busana.

"Itu terjadi karena pelayanan kesehatan jiwa Indonesia terburuk. Pelanggaran HAM sering terjadi di panti-panti sosial, berdasarkan data WHO sekira 644 Individu, 181 di antaranya meninggal dunia karena diare dan kurang gizi setelah ditelantarkan," tutupnya. (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment