Wednesday, October 1, 2014

Kurang Pemanasan saat Olahraga Berisiko Cedera

Kurang Pemanasan saat Olahraga Berisiko CederaBEROLAHRAGA secara rutin merupakan bentuk aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh sehat dan bugar. Sehingga, setiap orang dari berbagai usia dianjurkan untuk berolahraga secara rutin.

Namun, terkadang saat dan setelah berolahraga seseorang sering merasa otot-otot mereka pegal, mengapa? Personal Trainers dan Instruktur Aerobik, Etty Budhi mengatakan bahwa pegal saat dan setelah berolahraga lebih disebabkan kurangnya pemanasan sebelum memulai latihan.

"Biasanya karena pemasanannya yang kurang. Idealnya, pemanasan harus dilakukan selama 5-10 menit," ujarnya di Atrium Kota Kasablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/10/2014).

Lebih lanjut, Etty Budhi menjelaskan bahwa pemanasan yang ideal dimulai dari peregangan otot. Sesi pemanasan dilanjutkan dengan melakukan gerakan dynamic streaching.

"Kalau seseorang tidak melakukan dua gerakan tersebut, maka dia tiba-tiba akan keram dan pegal yang maksimal," tuturnya.

"Oleh karena itu, kita sebagai trainer harus memberikan penerangan kepada mereka untuk melakukan pemanasan dan peregangan otot terlebih dahulu, itu yang lebih aman," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment