Saturday, October 4, 2014

Kemarau Panjang Waspada Penyakit Berikut Ini

Kemarau Panjang Waspada Penyakit Berikut IniMUSIM kemarau panjang masih berlangsung di Indonesia, sekalipun sekarang sudah memasuki bulan Oktober. Cuaca yang ekstrim dan tak menentu mengundang berbagai masalah kesehatan.
 
Profesor dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (K) , MARS, DTM&H, DTCE., Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes, menyampaikan beberapa masalah kesehatan di musim kemarau sekarang ini.

Musim kemarau dapat meningkatkan penyebaran agen dan wabah penyakit menular seperti infeksi bakteri leptospirosis (yang dikenal dengan penyakit kencing tikus), diare, dan kolera. Penyakit ini meningkat akibat sanitasi buruk karena kurangnya air atau ketika terjadi banjir.
 
?Perubahan pola penyebaran vektor penyakit juga dapat diakibatkan oleh ekosistem rawa dan bakau yang berubah,? tutur Prof Tjandra dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Minggu (5/10/2014). 
 
Selain itu, peningkatan temperatur yang mencapai 2 - 3 derajat celsius akibat iklim ekstrim dapat meningkatkan kadar ozon dalam atmosfer. Ozon yang juga berbahaya bagi manusia, menurut Prof Tjandra dapat meningkatkan penyakit ISPA karena pencemaran udara meningkat.
 
Perubahan temperatur dan kelembaban dapat meningkatkan populasi dan kontak manusia dengan vektor penyakit (seperti hewan pembawa penyakit). Penyakit tular vektor, yang mayoritas ditularkan oleh nyamuk, juga akan meningkat sebesar 3 ? 5 persen. 
 
?Peningkatan temperatur akan memperluas distribusi vektor dan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan parasit menjadi infektif,? imbuhnya.
(ren)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment