Wednesday, October 8, 2014

Kebiasaan Tidur dengan Gadget Bikin Tubuh Gemuk

Kebiasaan Tidur dengan Gadget Bikin Tubuh GemukKEBIASAAN tidur dengan gadget seperti smartphone, tablet, dan laptop yang aktif, ternyata bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Pasalnya, sinar biru yang dipancarkan gadget diketahui dapat mengganggu pelepasan melatonin dan mengurangi efisiensi metabolisme tubuh.

Ilmuwan mengatakan bahwa tubuh seseorang memerlukan sedikit cahaya untuk menghasilkan hormon yang mengatur konversi makanan dan minuman menjadi energi (metabolisme). Meski tidak cukup kuat cahayanya, gelombang pendek sinar biru yang dipancarkan oleh beberapa gadget ketika di-charge adalah salah satu yang paling mengganggu tubuh.

Sementara itu, para ahli di Manchester University tengah menyelidiki bagaimana hubungan pola tidur membantu pasien yang sudah menderita diabetes.

"Banyak penelitian menunjukkan alasan pentingnya tidur di malam hari dalam kegelapan, sementara melatonin meningkat karena di siang hari melatonin diblokir oleh cahaya matahari. Siklus gelap-terang ini baik bagi tubuh kita untuk memprediksi perubahan lingkungan,? kata peneliti Dr. Simon Kyle, peneliti dari University of Granada, Spanyol.

(Baca: Tidur di ruang gelap bisa turunkan berat badan)

Singkat, dia menyimpulkan bahwa waktu tidur yang pendek atau paparan cahaya pada waktu tidur di malam hari dapat mengganggu sekresi melatonin. Sehingga hal ini mengubah sistem metabolisme.

Awal tahun ini, para ilmuwan dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka, termasuk Oxford, Cambridge dan Harvard mengingatkan jika waktu tidur kurang bisa berisiko berbagai penyakit. Di antaranya kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Ilmuwan menyarankan siapa saja untuk mematikan gadget apa pun beberapa jam sebelum tidur untuk mengurangi paparan sinar buatan. Hal ini sebagaimana dilansir Dailymail, Rabu (8/10/2014).

"Ada ilmu dasar dan data yang kuat untuk menunjukkan hubungan antara gangguan tidur dengan berbagai penyakit. Jika tidur dalam ruangan gelap gulita di malam hari, Anda dapat membantu menghentikan epidemi obesitas ini," tandas Dr. Simon Kyle.

(Baca: Yoga atasi kesulitan tidur & konsentrasi) (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment