Thursday, October 2, 2014

Edukasi Kontrasepsi di Desa Terbentur Mitos

Edukasi Kontrasepsi di Desa Terbentur MitosPENGGUNAAN Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan salah satu cara yang dinilai paling efektif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat berbagai masalah khususnya di perdesaan.

Hal inilah yang disampaikan Dr  Emi Nurjasmi, M.Kes. Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tersebut mengatakan, tidak mudah memberi pemahaman, konseling atau pendidikan kesehatan yang berkaitan dengan Keluarga Berencana. Kendala terbesarnya yakni pendidikan masyrakat yang cenderung rendah.

"Kalau di sini (Jakarta-red) kita mudah dengan tingkat pendidikan masyarakat dan pengetahuan yang sudah cukup bagus. Sedangkan di desa tidak semudah bila kita bicara di kota-kota besar. Ini karena mungkin tingkat pendidikan ibu masih cukup rendah," ujarnya kepada Okezone di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa 30 September 2014.

"Ini kemampuan bidan untuk melakukan konseling dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat di desa itu lebih berat dibandingkan mereka memberikan edukasi kepada klien-klien di kota besar," tambahnya.

Kendala lainnya yakni kepercayaan di masyarakat terhadap mitos. Salah satunya adalah banyak anak akan menambah rejeki.

"Mitos tersebut masih ada di beberapa daerah. Ini tantangan bagi bidan-bidan bagaimana bekerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat dan agama memberikan informasi-informasi, serta mengadvokasi supaya wanita punya kesempatan untuk mengatur jumlah anak dan kelahirannya sehingga dapat pulih sebelum hamil lagi. Kemudian, mereka juga menjadi mempunyai kesempatan merawat anak dengan maksimal," jelasnya.  
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment