Monday, October 6, 2014

Bayi Swedia Lahir dari Rahim Transplantasi

Bayi Swedia Lahir dari Rahim TransplantasiSEORANG wanita Swedia berhasil melahirkan bayi dari rahim hasil transplantasi. Wanita tersebut diketahui secara genetik tidak rahim, meski indung telurnya yang tetap utuh.

Wanita 36 tahun itu mendapat donor rahim dari seorang wanita 61 tahun yang telah menopause selama tujuh tahun. Bayi laki-laki yang lahir bulan lalu itu merupakan suatu contoh kesuksesan terobosan baru untuk wanita infertil. Bayi yang lahir dengan berat 1,775 kg tersebut lahir melalui operasi sesar pada pekan ke-31.

Wanita tersebut menjalani fertilisasi in-vitro, di mana telur yang diambil dari ovarium wanita dibuahi dengan sperma pasangan untuk kemudian diawetkan secara cryogenic atau pembekuan. Hal ini sebagaimana dikatakan jurnal medis Inggris, The Lancet, seperti dikutip AFP, Selasa (7/10/2014). Proses yang menghasilkan 11 embrio, diambil salah satunya untuk kemudian ditanam ke rahim yang telah ditransplantasi sebulan sebelumnya. Tiga pekan kemudian, wanita tersebut melakukan tes dan dinyatakan positif hamil.
 
"Kesuksesan kami didasarkan pada lebih dari 10 tahun penelitian hewan yang intensif dan pelatihan bedah oleh tim kami dan membuka kemungkinan untuk mengobati lebih banyak perempuan muda di seluruh dunia yang menderita infertilitas rahim," kata dokter pemimpin operasi, Profesor Matts Braennstroem dari University of Gothenburg.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment