Wednesday, October 8, 2014

Aspek Psikologis Diabaikan, AKI Sulit Terkendali

Aspek Psikologis Diabaikan, AKI Sulit TerkendaliKESEHATAN jiwa merupakan masalah yang sering dianggap sepele. Padahal, kesehatan jiwa dampaknya sangat besar bagi pembangunan kesehatan.

dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ membuktikan bahwa kesehatan jiwa dapat berpengaruh terhadap pembangunan kesehatan. Selain itu, banyak target Mienium Development Goal's (MDG's) pada 2014 yang tidak tercapai. Termasuk Angka Kematian Ibu (AKI).

"Mengapa angka kematian ibu sulit menurun? Hal ini karena kesehatan jiwa seorang ibu tidak diperhatikan saat hamil dan sesudah melahirkan. Ketika hamil bentuk tubuh berubah, membutuhkan perhatian sehingga berdampak pada psikologisnya," ujarnya dalam acara Diskusi dan Pra Peluncuran Buku "A Rookie & The Passage of The Mental Health Law; The Indonesian Story" di Bunga Rampai, Jalan Teuku Cik Ditiro No 35, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2014).

Karenanya jika aspek psikologis ibu tidak perhatikan, maka angka kematiannya pun sulit turun. Bahkan, imbuh Nova, setelah melahirkan, banyak ibu yang mengalami depresi.

"Sehingga mereka tidak tahu bagaimana memenuhi kebutuhan gizi dirinya dan bayi. Dampaknya apa? Tentu bayinya bisa meninggal dunia dan begitu pula ibunya. Jadi, menurunkan angka kematian ibu dan bayi sangat sulit bila aspek psikologisnya tidak diperhatikan," tutupnya.
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment