Friday, September 19, 2014

Zumba Bisa Bakar 500 Kalori Tiap Jam

Zumba Bisa Bakar 500 Kalori Tiap JamMELAKUKAN rutinitas olahraga sangat dianjurkan demi menjaga tubuh tetap sehat. Namun terkadang, kita bosan melakukan olahraga jika hanya itu-itu saja.  
Jika demikian, mungkin Anda harus mencoba zumba dance yang merupakan perpaduan tarian latin dan gerakan aerobik. Menurut instruktur zumba dance, Liza Natalia, manfaat yang diberikan tidak sekadar kebugaran, melainkan membantu menurunkan berat badan.
 
"Zumba dance itu bagus sekali untuk menurunkan berat badan, karena saya sudah mengalaminya sendiri, 500 kalori per jam, tetapi harus dilakukan dengan benar," jelasnya di the Forum Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis, 18 September 2014.
 
Karenanya, Liza mengatakan bahwa zumba dance yang benar adalah 70 persen harus melakukan Latin dance, di mana terdapat gerakan up and down. Artinya, gerakan kardionya lebih kepada semi-aerobik.
 
"Kardionya itu di zumba ada reggae tone, salsanya itu lebih ke middle, di mana lebih banyak gerakan step, sehingga untuk pembentukan shape. Kemudian ada lagi gerakan bachata, itu untuk pernapasan, terus ada lagi cumbia itu yang lebih banyak gerakan kaki," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Liza menjelaskan bahwa zumba dance yang benar sebetulnya seperti melakukan gerakan sesuai playlist. Menurut Liza, selama satu jam ber-zumba, kita harus menjalani intensitas tempo yang naik-turun.
 
Selama satu jam kita melakukan zumba, biasanya itu temponya naik-turun. Misalnya gerakan reggae tone itu temponya naik, maka hentakannya lebih cepat, kemudian tempo menurun ketika gerakan bachata. Setelah itu, temponya naik lagi ke gerakan salsa, kemudian turun lagi ke gerakan cumbia," jelasnya.
 
"Jadi, zumba itu ada playlist-nya, bukan kardio terus. Kalau kardio terus selama satu jam seperti itu orang yang mengikuti lama-lama bisa gempor," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment