Saturday, September 13, 2014

Waspadai Penyakit Parkinson

Waspadai Penyakit ParkinsonPARKINSON merupakan salah satu penyakit saraf yang harus diwaspadai. Kendati demikian, sayangnya tidak banyak yang mengetahui parkinson.
 
Parkinson sendiri pertama kali ditemukan oleh Dr.  James Parkinson pada tahun 1817. Penyakit tersebut menyerang pada bagian syaraf manusia yang menyebabkan berbagai macam gejala.
 
?Parkinson, itu penyakit degeneratif, jadi penyakit yang selnya rusak dengan sendirinya. Kebetulan yang rusak itu sel saraf daerah dopaminergic yang menghasilkan suatu set yang namanya dopamine,? jelas, Fenny L. Yudiarto, MD., Ph.D kepada Okezone di Four Season Hotel, Jakarta, Sabtu (13/9/2014).
 
Parkinson memiliki gejala fisik yang bisa dilihat pada penderitanya. Gejala yang paling terlihat yakni penderitanya menjadi sulit bergerak karena menyerang fungsi motorik.
 
?Ada tiga gejala yang terjadi pada yaitu tubuh kaku, tremor atau gemetar dan gerakannya yang lambat, semua lambat. Penyakit parkinson itu slow progressing, jadi dia pelan-pelan karena selnya rusak dengan sendirinya. Namun parkinson biasanya karena usia atau genetik, keturunan, orang tuanya parkinson, anaknya kena parkinson juga,? tutup Head of Research Development Perhimpunan Dokter Spesialis Syaraf Indonesia (PERDOSSI) ini.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment