Saturday, September 20, 2014

Upaya Cegah Dampak Asap Kebakaran terhadap Kesehatan

Upaya Cegah Dampak Asap Kebakaran terhadap KesehatanASAP dari kebakaran hutan seperti yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berbagai risiko penyakit mengancam masyarakat seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).
 
Oleh karena itu, Prof Tjandra Yoga Aditama selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan, masyarakat perlu melakukan beberapa hal. Misalnya, sedapat mungkin menghindari atau mengurangi diri untuk menghirup asap dengan berbagai cara.
 
?Di luar ruangan batasi aktivitas dan selalu menggunakan masker. Usahakan sesedikit mungkin asap masuk ke dalam rumah,? ujarnya sebagaimana rilis yang diterima redaksi Okezone, Sabtu (20/9/2014).
 
Selain itu, Tjandra Yoga juga menyarankan untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan seksama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lebih lanjut, Tjandra Yoga mengimbau bagi masyarakat yang mempunyai penyakit kronik harus ekstra waspada dan tidak memaksakan diri keluar rumah.
 
?Kemudian, kegiatan umum ditingkatkan seperti menjaga kebersihan sumur serta menutup bahan makanan dan minuman dan memasaknya dengan baik,? tutupnya.
 
 
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment