Thursday, September 25, 2014

Tidur di Ruang Gelap Turunkan Berat Badan

Tidur di Ruang Gelap Turunkan Berat BadanTIDUR cukup tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi tidur berperan mengatur hormon pertumbuhan yang berpengaruh pada fungsi pengatur berat badan.

Daftar berikut ini menyoroti beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu waktu tidur Anda, seperti dikutip Healthyliving MSN, Kamis (25/9/2014).

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Makan larut malam membuat tubuh Anda bekerja keras saat tidur dan meningkatkan level insulin. Akibatnya, hanya akan ada sedikit hormon melatonin (hormon yang membantu mengontrol siklus tidur) dan hormon pertumbuhan yang dilepaskan saat tidur. Untuk menghindari ini, sebaiknya Anda berhenti makan 3 jam sebelum tidur.

Tidur dengan penyinaran terang

Menurut penelitian, sejumlah kecil cahaya dapat mengganggu pelepasan melatonin dan selanjutnya hormon pertumbuhan. Kortisol, hormon yang meningkatkan gula darah, akan tinggi produksinya saat tubuh kita terpapar cahaya saat tidur. Tidur dalam gelap atau memindahkan arah pencahayaan ke tubuh Anda, atau menjaga jarak peralatan listrik setidaknya tiga meter dari tempat tidur, dapat menjadi solusi.


Berolahraga larut malam
 
Olahraga teratur bisa membantu Anda tidur lebih baik. Namun demikian, jika olahraga dilakukan dekat dengan waktu tidur, ini dapat meningkatkan suhu tubuh secara signifikan dan mencegah pelepasan melatonin. Aktivitas tersebut juga dapat meningkatkan hormon noradrenalin, dopamin, dan kortisol yang dapat merangsang aktivitas otak. Sebaiknya hindari olahraga 3 jam sebelum tidur.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment