Wednesday, September 10, 2014

Tidak Ada Kasus Ebola di Medan

Tidak Ada Kasus Ebola di MedanPASIEN yang diduga terjangkit Ebola di rumah sakit Adam Malik Medan akhirnya meninggal dunia. Kendati demikian, hasil tes dari laboratorium  Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), pasien tersebut dinyatakan negatif Ebola.

Hal inipun dikonfirmasi langsung oleh Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (K) selaku Kepala Litbangkes. Menurutnya, sebelum meninggal, sampel pasien tersebut sudah diteliti selama tiga hari. Hasilnya, pasien tersebut memang tidak terjangkit virus Ebola.

?Pemeriksaan PCR pada kontak sudah dilakukan, dan hasilnya juga negatif Ebola," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (10/9/2014).

Seperti diketahui, seorang pasien berinisial NN, sebelumnya memiliki keluhan yang sama dengan gejala Ebola. Pasien tersebut juga diketahui baru saja pulang dari Nigeria, yang mana menjadi salah satu negara terjangkit Ebola. Kendati demikian, Prof Tjandra mengatakan bahwa keluhan tersebut tidak bisa dikatakan sebagai gejala terjangkit virus Ebola.

?Masih banyak penyakit lain yang mungkin dapat menular di Afrika, atau juga penyakit lain yang memang sudah diderita pasien itu dan kebetulan saja munculnya sesudah pulang dari negara terjangkit Ebola,? tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment