Wednesday, September 10, 2014

Solusi Delapan Masalah Utama Menstruasi

Solusi Delapan Masalah Utama MenstruasiSAKIT perut, kram, mudah menangis, sakit kepala, itu adalah beberapa hal yang sering dialami oleh wanita sebulan sekali akibat menstruasi.

Itu bukan hal yang menyenagkan untuk dirasakan, apalagi setiap bulan. Women's Health memberikan solusi untuk menangani permasalah tersebut.
 
"Saya menangis ketika menonton iklan." Carol-Ann N.

Sekitar 20%-30% wanita menjadi ekstra sensitif terhadap fluktuasi hormonal yang terjadi antara ovulasi dan menstruasi, dan itu mungkin dikarenakan bahan kimia otak yang mengatur emosi menjadi kekacauan, kata Teri Pearlstein, M.D., dari Alpert Medical School di Brown University.

Coba perbaiki apa yang Anda konsumsi. Mengonsumsi karbohidrat kompleks secara teratur seperti sayuran hijau dan makanan gandum utuh dapat membantu menjaga gula darah dan emosi Anda stabil, ujar Pearlstein.
 
"Saya menderita apa yang saya sebut 'sakit kepala menstruasi.'" Sharone H.


Mereka yang menderita migrain ketika menstruasi bisa menyalahkan hormon prostaglandin yang menyebabkan kram dan menyerang saraf-saraf di kepala, ucap Vincent Martin, M.D., ahli sakit kepala di University of Cincinnati. Ambil obat OTC anti-inflamasi seperti naproxen dan Rx meds seperti sumatriptan yang dapat menghalangi produksi prostaglandin guna mengobati kepala dan kram nyeri. Penelitian juga menunjukkan wanita yang mengonsumsi 150 miligram ramuan Butterbur setiap hari selama beberapa bulan lebih sedikit menderita sakit kepala.
 
"Puting saya menjadi sangat sensitif. Sangat tidak nyaman ketika saya berolahraga!" Sarah S.

Seiring bertambahnya volume payudara, bertambah pula nyerinya, terutama bagi wanita yang sensitif terhadap meningkatnya kadar progesteron. Hormon itu mengaktifkan sel-sel payudara, seolah-olah memersiapkan diri untuk hamil, kata Steven Sondheimer, M.D., ob-gyn di Hospital of the University of Pennsylvania.

Beberapa pasien merasa sedikit tidak sakit ketika mengurangi asupan kafein sehari-hari. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi sekitar 60 miligram ekstrak chasteberry setiap hari, kurang mengalami nyeri payudara (buah tersebut membantu menekan prolaktin, hormon yang menyebabkan payudara bengkak). Atau gunakan bra olahraga yang harus membuat payudara Anda kurang rentan terhadap tekanan pada dada ketika olahraga. Jika Anda masih kesakitan, coba kenakan bantalan gel silikon di atas puting Anda untuk melindungi mereka dari iritasi gesekan.
 
"Saya merasa seolah-olah bisa tidur selama sepekan." Trisha L.
 
Setiap kali kehilangan darah, Anda juga kehilangan zat besi. Besi terlibat dalam pembuatan hormon serotonin yang sering menurun selama PMS, kata Elizabeth Bertone-Johnson, Sc.D., dari University of Massachusetts. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung zat besi hanya sedikit menderita PMS. Coba secara teratur makan makanan kaya zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, atau lentil untuk menjaga tingkat zat besi stabil sepanjang bulan. Studi lain menunjukkan bahwa rempah-rempah India yang disebut fenugreek dapat meringankan kelelahan ketika menstruasi. Masih merasa lelah? Beristirahatlah.
 
"Saya menderita kram parah." Millarie K.
 
Ada alasan untuk ini, yaitu otot-otot rahim Anda berkontraksi. Mereka sedang menjalankan sebuah misi untuk membersihkan lapisan rahim. Biasanya, kontraksi ini (alias kram) didorong oleh hormon prostaglandin - semakin tinggi tingkat prostaglandin yang Anda miliki, semakin buruk kram Anda. Menggunakan bantalan pemanas selama 10-15 menit dapat membantu melebarkan pembuluh darah rahim, memperlancar sirkulasi, dan membilas prostaglandin lebih cepat. Sebanyak 30 menit latihan aerobik setiap hari juga bisa meningkatkan denyut jantung dan aliran darah, seperti ditulis American Congress of Obstetricians and Gynecologists. Jika obat penghilang rasa sakit antiinflamasi OTC tidak membantu dan Anda kehabisan semua opsi - termasuk yoga dan akupunktur - kunjungi ob-gyn. Kram parah juga dapat disebabkan oleh dismenore, endometriosis, fibroid rahim, atau kondisi genetik lainnya. Baris pertama pengobatan biasanya pil KB atau kontrasepsi hormonal lain, yang dapat mengurangi jumlah keseluruhan jaringan rahim Anda.
 
"Kembung parah, seperti didesak habis-habisan." Laura H.

Sekira 73% wanita melaporkan gejala usus yang tidak menyenangkan sebelum dan selama menstruasi. Anehnya, tidak ada yang tahu persis apa yang memicu lonjakan retensi air bulanan ini, tapi garam dan alkohol dapat membuat kembung menjadi lebih buruk. Jauhi alkohol dan garap, konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon dan kenari.
 
"Saya memiliki hasrat makan yang tak terpuaskan. Saya ingin makan segala sesuatu yang saya lihat." Melissa B.
 
Mengemil ketika PMS adalah hal umum, dan hal tersebut dimulai di otak. Periode penurunan serotonin telah dikaitkan dengan keinginan untuk makan karbohidart asin atau manis. Kejutan lainnya, kadang-kadang yang terbaik adalah menyerah kepada keinginan mengemil Anda. "Biasanya satu porsi sesuatu yang gurih atau cokelat akan memuaskan Anda," kata Toby Smithson, R.D.N. dari Academy of Nutrition and Dietetics.
 
"Gairah seks saya hilang tepat sebelum menstruasi!" Letricia O.


Oke, ini bukan masalah... tapi menjadi misteri medis. Banyak studi menunjukkan bahwa PMS dapat menurunkan libido, banyak wanita justru melaporkan sebaliknya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment