Wednesday, September 10, 2014

Semua Orang Berisiko Alzheimer

Semua Orang Berisiko AlzheimerSALAH satu bentuk demensia atau pikun yang tidak biasa adalah Alzheimer. Meski belum ada obatnya, penyakit tersebut rupanya mengalami peningkatan karena siapapun bisa berisiko terkena demensia.

Pakar syaraf dari Universitas Atmajaya, Dr.dr. Yuda Turana mengatakan ada beberapa faktor risiko penyakit Alzheimer. Namun yang tidak dapat diubah adalah pertambahan usia atau penuaan.

"Tidak ada satupun obat yang bisa menghentikan proses penuaan. Kita tidak dapat menghentikan proses penuaan tetapi hanya bisa memperlambatnya," ujarnya pada talkshow bertema Demensia, Bisakah Kita Mengurangi Risikonya? di Erasmus Huis, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2014).

Kebanyakan orang tidak menyadari bila proses penuaan mungkin telah terjadi pada dirinya. Umumnya, mereka baru menyadari jika sudah terjadi perubahan fisik yang dilihat melalui.

"Tetapi, penuaan tidak hanya dari rambut yang mulai beruban atau kulit mulai keriput, tetapi juga fungsi kemampuan kognitif otak yang menurun, memang itu tidak terlihat di cermin," tuturnya.

"Tetapi, seiring pertambahan usia, otak akan terus mengkerut, sehingga akan menurunkan fungsi kemampuan otak yang menjadi penyebab awal dari penyakit Alzheimer," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment