Sunday, September 28, 2014

Sehatkan Mata, Singkirkan Gadget Anda Sejenak

Sehatkan Mata, Singkirkan Gadget Anda SejenakMATA adalah jendela dunia. Tanpa mata, mungkin kita tidak dapat melihat keindahan dunia.
 
Masalahnya, kesehatan ?jendela dunia? ini kerap kali diabaikan. Kita selalu memaksa mata untuk memelototi gadget. Kebiasaan seperti ini bisa menimbulkan banyak masalah.
 
Ada beberapa masalah yang timbul pada mata jika dipaksa untuk selalu fokus pada gadget, antara lain, mata lelah, merah, mata kering, hingga iritasi ringan.
 
Penggunaan gadget memang  sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat. Namun tanpa disadari, jika ini dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan berbagai masalah pada mata. Mulai dari mata lelah, merah, mata kering, hingga iritasi ringan. ?Biasanya  kalo kita udah main gadget itu suka lupa waktu. Nah, kalo terlalu lama main gadget  mata  bisa jadi lelah,? ucap dr. Ratna Dewi, SpM di Rumah Sakit Royal Taruma, Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (19/9) lalu.
 
Mata lelah terjadi karena mata dipaksa untuk fokus. Hal inilah  yang menyebabkan otot-otot mata harus bekerja lebih keras daripada biasanya. ?Ototnya itu ada 3 biasanya: otot yuang mempengaruhi  kerja bola mata yang gerak itu, ada juga otot yang mempengaruhi akomodasi, atau jarak dekat dan jarak jauh, dan kemudian ada juga otot yang mengatur banyak sedikit cahaya yag masuk ke mata. Jadi, itu semua berpengaruh,? jelasnya.
 
Mengistirahatkan mata sejenak  dengan  mengalihkan pandangan dari gadget  memang sangat disarankan. Dengan cara itu masalah mata bisa diminimalisir. ?Sebenernya kita ada aturannya. Biasanya  dari oftalmologis (cabang kedokteran yang mempelajari tentang fisiologi dan penyakit mata-red) itu aturannya adalah  rumus 20 - 20. Artinya, saat kita melihat gadget itu sebaiknya setelah  20 menit asik  dengan gadget-nya, mata harus kita istirahatkan selama 20 detik. Caranya gimana?  kalo kita isitirahat dari pemakaian gadget, caranya adalah melihat sejauh 20 feet atau sekitar  sejauh 6 meter,? ungkapnya.
 
Mengatur cahaya gadget sangat disarankan untuk menghindari masalah mata. Dengan mengatur tingkat pencahayaan, otot tidak akan terlalu dipaksa untuk bekerja. ?Jangan terlalu buram karena kalo buram itu juga gak bagus. Kita juga jadi terlalu maksa mata buat fokus,? sambungnya sambil tersenyum.
 
Jika mata dipaksa untuk memelototi gadget terlalu lama, mata bisa kering. Mata kering akibat aktivitas berkedip dilupakan. Padahal berkedip adalah cara mata menjaga kelembapannya ?Biasanya  secara normal itu manusia berkedip 12 kali per menit. Nah, kalo pake gadget itu pasti  suka lupa kedip karena terlalu fokus,? jelasnya. jika mata sudah terasa perih, itu berarti mata kering. Kalau mata sudah perih, mudah sekali terjadi iritasi. ?Ini gak boleh terjadi karena kalau matanya perih  itu jadi gampang iritasi. Apalagi kalo dikucek, itu bisa bikin mata merah dan jadi gampang infeksi,? katanya. Novi
(fik)

»

1 comments:


AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment