Tuesday, September 30, 2014

Proses Persalinan di Desa, Bidan Dibantu Dukun

Proses Persalinan di Desa, Bidan Dibantu DukunANGKA kematian ibu (AKI) di Indonesia masih cukup tinggi, yakni 359/100.000 kelahiran hidup. Kondisi ini ditenggarai karena banyak ibu hamil yang tidak menggunakan fasilitas kesehatan saat bersalin, terutama mereka yang tinggal di desa.

Padahal, sudah terdapat kebijakan dari Menteri Kesehatan yang mengatakan bahwa di setiap desa harus terdapat bidan. Tujuan dari kebijakan tersebut untuk memperdekat akses pelayanan kesehatan pada ibu hamil dalam melakukan proses persalinan.

"Masih ada kurang lebih 18 persen persalinan yang masih ditolong oleh dukun. Nah, ini tantangan terberat bagi bidan-bidan, terutama yang ada di desa," jelas Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Dr Emi Nurjasmi kepada Okezone di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014).

"Tantangannya adalah bagaimana bisa merangkul dan mengajak dukun bekerja sama, sehingga semua proses persalinan tidak lagi ditolong oleh dukun sendiri," tambahnya.

Menurut Emi Nurjasmi, dari beberapa daerah pelaksanaannya memang sudah cukup bagus karena mengambil kebijakan melalui Peraturan Daerah Kemitraan Bidan dan Dukun. Dengan kebijakan dari Perda tersebut, seorang dukun tidak boleh menolong persalinan sendiri tetapi harus bekerja sama dengan bidan.

"Begitu juga dengan bidan di daerah tertentu, kalau di sana ada dukun, bidan tersebut bisa memanfaatkan dukun untuk membantu dalam pertolongan persalinan," tutupnya. (fik)

»

1 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment