Tuesday, September 16, 2014

Pria Botak Usia 40-an Berisiko Kanker

Pria Botak Usia 40-an Berisiko KankerKEBOTAKAN yang dialami pria berusia 40-an ternyata memicu risiko penyakit kanker. Dari penelitian ditunjukkan bahwa mereka mengalami peningkatan risiko kanker prostat sebesar 40 persen dibanding yang normal.

?Studi kami menemukan adanya peningkatan risiko kanker prostat pada pria dengan pola kebotakan karena penipisan rambut di bagian depan dan puncak kepala pada usia 45 tahun,? kata penulis studi dan investigator di National Cancer Institute, Michael B. Cook.

Para peneliti menganalisis hubungan pola kebotakan pria dengan risiko kanker prostat pada 39.070 ribu pria berumur 55-74 tahun dari US PLCO Cancer Screening Trial. Kuesioner diberikan untuk mereka mengingat pola kebotakan mereka saat usia 45 tahun dengan alat gambar.

Selama penelitian berlanjut, ditemukan diagnosa 1.138 kasus kanker prostat pada peserta, yang 51 persennya tergolong kanker agresif. Dari sini terlihat bahwa pria yang mengalami kebotakan pada usia 40-an menunjukkan peningkatan risiko kanker prostat 40 persen dibanding mereka yang tidak.

?Sementara hasil penelitian kami membuktikan adanya hubungan antara kebotakan dengan risiko kanker otak, kami belum dapat menerapkan penemuan ini untuk perawatan pasien,? tandas Cook, sebagaimana dikutip Health Care Asia, Rabu (17/9/2014).

Penyebab kebotakan pada pria dan kanker prostat sama-sama berhubungan dengan kenaikan level hormon seks pria yaitu androgen dan androgen reseptor. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment