Friday, September 5, 2014

Persiapan Kesehatan Untuk Calon Jamaah Haji

Persiapan Kesehatan Untuk Calon Jamaah HajiMUSIM haji telah tiba. Untuk memersiapkan kesehatan diri dalam menjalani ibadah, para calon jamaah haji perlu melakukan beberapa hal.

Hal ini karena penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (Mers-CoV) mengancam para calon jamaah haji. Karenanya, calon jamaah harus membekali kesehatannya dengan baik untuk mencegah terjangkitnya virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut.  
"Sebelum menjalani ibadah haji, para calon jamaah harus mengikuti pemeriksaan kesehatan lengkap dan melakukan diet, minum, dan istirahat cukup. Kemudian melatih diri berkaitan dengan kegiatan utama selama berhaji. Tidak lupa juga memeriksakan kesehatan diri ke dokter, agar dapat diatasi jika mengalami kekambuhan sebelum berangkat haji," jelas dr. H. Hamzah Shatri SpPD (K), Spesialis Penyakit Dalam pada seminar MERS-CoV di Gedung Cimandiri One, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/9/2014).
 
Menurut dr H. Hamzah, apabila calon jamaah memiliki penyakit kronik dan memerlukan obat khusus, mereka harus berkonsultasi seminggu sebelum keberangkatan serta membawa obat yang tepat. Selain itu, para calon jamaah haji disarankan untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan baik.
 
Hamzah menambahkan, calon jamaah juga harus memerhatikan kesehatan psikis atau kejiwaan. "Selain itu, para calon jamaah haji juga harus dapat mengontrol diri dengan baik sesuai kondisi kesehatan, dan kontrol diri secara psikis. Para jamaah juga perlu mempelajari fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada di sana, serta mempelajari situasi kesehatan atau penyakit yang bisa muncul pada musim haji," tutupnya.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment