Thursday, September 25, 2014

Penyebab Pasti Penyakit Lupus Belum Diketahui

Penyebab Pasti Penyakit Lupus Belum DiketahuiLUPUS merupakan penyakit menahun yang berbahaya karena bisa berujung pada kematian. Sayangnya, salah satu penyakit autoimun ini belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Hal tersebut seperti disampaikan Ketua Yayasan Lupus Indonesia (YLI), Tiara Lestari. Namun, menurut Tiara diduga penyakit lupus disebabkan oleh tiga faktor, yakni hormonal, genetik dan lingkungan.

"Pada tahun 2013, genetik berada di urutan terbawah sebagai faktor pemicu penyakit lupus, tetapi nomor satu ditempati oleh faktor lingkungan, termasuk stres,? ujarnya kepada Okezone di Rumah Sakit Kramat, Jl Kramat Raya No. 128, Jakarta Pusat, baru-baru ini. (Baca: Penyakit lupus sering terlambat terdiagnosis)

Sedangkan, menurut Tiara bila hormonal karena 90 persen terjadi pada perempuan, yakni faktor hormon estrogen. Sementara, contoh dari faktor genetik adalah dalam satu keluarga terdapat satu sampai tiga orang yang terkena lupus.

"Artinya ketika ibu melahirkan kemudian anaknya langsung dinyatakan lupus. Tetapi, kalau anaknya baru kena lupus di usia 4 atau 5 tahun, itu sudah terkena imbas faktor lingkungan sekitar, seperti pola makan, pola tidur dan istirahat, pola pikir dan segala macamnya," jelasnya.

Namun, akan lebih penting lagi bila kita bisa menyadari beberapa gejala dari penyakit lupus, sehingga dapat melakukan tindakan sejak dini dengan memeriksa ke dokter. Gejala-gejalanya antara lain sakit pada sendi, demam berkepanjangan, dan panas tinggi bukan karena infeksi, sering merasa cepat lelah dengan kelemahan berkepanjangan, ruam pada kulit dan anemia. (Baca: Masyarakat Jakarta belum pahal soal lupus)

"Jadi, kalau masyarakat merasakan ada minimal empat gejala tersebut, harus segera datang ke rumah sakit. Kalau tidak tahu harus ke mana, bisa menghubungi Yayasan Lupus Indonesia, nanti kita akan merujuk baiknya ke mana,? ungkap Tiara (fik)

»

1 comments:


AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment