Tuesday, September 9, 2014

Penyebab Muntah Darah pada Penderita Liver Kronis

Penyebab Muntah Darah pada Penderita Liver KronisPENDERITA hati kronis seringkali mengalami muntah darah yang menandakan penyakit liver sudah tahap lanjut. Namun sayangnya, masih banyak yang menganggap jika hal itu disebabkan karena liver yang pecah.  
Menurut Kepala Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Dr. dr. Dadang Makmun, SpPD-KGEH, FACG, muntah darah sebenarnya bukan berasal dari liver yang pecah, Namun terjadi pendarahan di sepanjang pembuluh darah dari lambung ke kerongkongan atau disebut varises. Lalu, bagaimana proses terjadinya muntah darah pada penderita liver kronis?
 
"Pada penyakit liver itu kan pembuluh darah menjadi tertahan. Karena livernya rusak, maka aliran darah menjadi terhambat sehingga pembuluh darah itu menjadi melebar. Itu bahayanya jadi mudah pecah," ujarnya di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa, 9 September 2014.
 
"Kalau pecah itu bisa sampai ada yang tidak tertolong. Kalau orang sakit liver sering muntah darah, dan itu bukan karena livernya tetapi dari varises di lambung," tambahnya.
 
Dr Dadang menjelaskan bahwa pada penderita hati kronis, pembuluh darah dari sepanjang lambung ke kerongkongan memang akan melebar, sedangkan pada orang yang normal tidak seperti itu. Kondisi tersebutlah yang menurut Dr Dadang pada penderita liver kronis lambungnya juga mudah berdarah.
 
"Pada penderita liver kronis, varises di lambung akan melebar. Sedangkan pada orang yang normal tidak begitu. Pembengkakan pembuluh darah di lambung pada penyakit liver kronis itu membuatnya mudah berdarah," tutupnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment