Friday, September 12, 2014

Penyebab Mulut Bau Setelah Bangun Tidur

Penyebab Mulut Bau Setelah Bangun TidurANDA pasti sering mengalami bau mulut setelah bangun tidur di pagi hari. Karenanya, gosok gigi dan berkumur bisa membantu menghilangkan masalah ini dengan segera.

"Setiap orang bangun dengan bau mulut setiap pagi," kata Sally Cram J., DDS, seorang periodentist di Washington DC, sebagaimana dikutip dari Every Day Health.

Bau tersebut biasanya terjadi karena kondisi mulut yang kering saat tidur. Ketika mulut kering, maka bakteri penghasil bau mulut berkembang biak. Selain itu, produksi air liur juga mengalami penurunan.

?Jika Anda mendengkur atau bernapas melalui mulut di malam hari, maka lebih bau daripada yang tidak saat bangun tidur,? tambahnya.

Karenanya, cara paling efektif untuk mengembalikan kesegaran mulut setelah bangun pagi adalah menggosok gigi. Apalagi, bakteri penyebab bau mulut biasanya menumpuk di daerah gigi, gusi, dan lidah, yang menurut penelitian menyumbang 25 persen dari sumber bau mulut.

Usahakan untuk menyikat sampai bagian dalam. Disamping itu, sikat gigi yang baik yakni dilakukan setidaknya selama dua menit.

Lebih lanjut, cara lain untuk menghilangkan bau mulut yakni dengan berkumur dengan air atau mouthwash. Pilihlah obat kumur yang mengandung zat pembunuh bakteri dan ikuti petunjuk pemakaiannya. Berkumur selama sekitar 30 detik dapat membantu obat kumur bekerja di dalam mulut.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment